Kapan Kita Boleh Mulai Kembali Bercinta Setelah Melahirkan?

Kamis, 8 Desember 2022 02:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Kapan Kita Boleh Mulai Kembali Bercinta Setelah Melahirkan? ilustrasi melahirkan. © TheRichest.com

Merdeka.com - Usai kehamilan dan melahirkan, sejumlah perubahan bakal dialami oleh seorang wanita. Perubahan ini tidak hanya terjadi secara fisik saja namun juga pada mental.

Usai melahirkan, banyak hal yang biasanya bakal kembali ke tubuh wanita seperti terjadinya kembali menstruasi. Salah satu hal yang menjadi pertanyaan lain adalah terkait kapan seseorang mulai kembali bercinta usai melahirkan?

Dilansir dari Romper, banyak yang percaya bahwa sebaiknya kita menunggu terlebih dahulu selama enam minggu setelah melahirkan sebelum kembali bercinta. Dalam Islam sendiri dikenal adanya masa nifas yang termasuk larangan bercinta hingga setidaknya 40 hari setelah melahirkan.

Sebelumnya, pada saat kehamilan, wanita cenderung mengalami peningkatan dorongan seksual.

Dr. Laura Purdy, mengatakan bahwa terkait aturan enam minggu tersebut sebenarnya bukanlah hal yang paten. Jumlah hari ini merupakan perkiraan kapan sebagian besar orang mulai pulih setelah melahirkan. Oleh karena itu, hal ini bisa sangat berbeda dari satu orang ke orang lainnya.

"Doktermu akan menyarankan untuk tidak bercinta hingga empat atau enam minggu setelah melahirkan, terlepas dari metode melahirkan yang dijalani," terang dr. Purdy.

"Ibu yang mengalami pembukaan di vagina sebagai dampak persalinan pervaginam biasanya harus menunggu lebih lama untuk memastikan mereka sudah pulih sebelum kembali bercinta," sambungnya.

Sementara itu, pada ibu yang menjalani persalinan caesar, pastikan agar kondisi sudah kembali sehat serta luka sudah pulih sepenuhnya.

"Sebagian besar orang sudah mulai boleh bercinta setelah check-up enam minggu selepas melahirkan, hal ini penting untuk memastikan luka jahitan di perut sudah sembuh sepenuhnya," terangnya.

Jika bekas jahitan mengalami iritasi dan kemerahan, penting untuk berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk kembali bercinta.

2 dari 2 halaman

Bercinta Bisa Jadi Sakit setelah Melahirkan

Setelah melahirkan, sejumlah hal bisa membuat bercinta menjadi menyakitkan. Hal ini terlepas dari trauma besar yang mungkin memang kamu alami.

"Rendahnya estrogen merupakan hal yang normal pada dua bulan setelah melahirkan dan bisa menyebabkan vagina kering serta rasa tak nyaman," jelas dr. Purdy.

Tekanan yang konsisten pada otot ketika seseorang mengandung bisa menyebabkan perubahan bagaimana seks terasa. Otot vagina jadi merenggang atau bahkan mungkin putus setelah melahirkan sehingga seks bisa terasa sakit.

Adanya darah ketika bercinta atau setelahnya juga bisa terjadi usai melahirkan. Hal ini disebut dr. Purdy cukup normal terjadi.

Jika pendarahan cukup banyak atau rasa sakit muncul secara luar biasa, sebaiknya tunda dulu atau berhenti bercinta. Pastikan kondisi tubuh sudah pulih sepenuhnya atau konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukannya. [RWP]

Baca juga:
Bisakah Pembuahan Tetap Terjadi ketika Bercinta saat Hamil?
Adakah Durasi Ideal untuk Melakukan Foreplay sebelum Bercinta?
Benarkah Malam Pertama selalu Terasa Menyakitkan bagi Wanita?
Bisa Sebabkan Masalah, Ini Alasan Jangan Cukur Habis Rambut Kemaluan
Hendak Jaga Keperkasaan, Ini Hal yang Harus Dilakukan Pria

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini