Masalah Kesehatan Kulit ini Bisa Mengancam Jika Terlalu Lama Terpapar Cahaya Matahari

Kamis, 28 Maret 2019 19:11 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Masalah Kesehatan Kulit ini Bisa Mengancam Jika Terlalu Lama Terpapar Cahaya Matahari Ilustrasi terbakar matahari. ©shutterstock.com/haveseen

Merdeka.com - Walaupun menyimpan sejumlah vitamin bagi kulit, cahaya matahari juga bisa menyebabkan masalah kesehatan. Paparan sinar matahari terutama dalam waktu yang lama bisa menyebabkan sejumlah masalah yang mengancam kesehatan kamu.

Masalah kulit yang bisa muncul akibat cahaya matahari ini beragam mulai dari kulit terbakar hingga jadi berkerut. Dilansir dari Boldsky, sejumlah masalah kulit berikut bisa terjadi ketika kamu terlalu lama terpapar cahaya matahari.

1. Kulit Kasar

Sinar matahari dapat menembus jauh ke dalam kulit dan merusak sel kolagen sehingga membuat kulit tampak kering dan kasar. Sinar matahari juga menyerap kelembapan dari sel-sel kulit. Setelah kolagen rusak, tidak mudah untuk memperbaiki. Sel-sel dapat memperbaiki diri mereka sendiri dalam beberapa bulan atau tahun.

2. Kerutan

Kerutan adalah salah satu efek dari paparan sinar matahari pada kulit kamu. Ketika kolagen rusak, kulit menjadi kasar dan kelembapan juga hilang. Hal ini menyebabkan pembentukan kerutan. Yang mengejutkan, 75-80 persen dari penuaan kulit disebabkan oleh sinar ultraviolet.

3. Kulit Menghitam

Kulit menghitam adalah tanda yang menunjukkan terjadinya kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet pada kulit kamu. Saat kulit kamu terkena sinar matahari, sel-sel melanosit memproduksi melanin, yakni pigmen yang menghasilkan bintik gelap pada kulit. Jika tidak disembuhkan, kulit menghitam akibat matahari bisa berubah menjadi luka bakar matahari pada tahap selanjutnya.

4. Kulit Terbakar

Paparan sinar ultraviolet menyebabkan kulit terbakar. Sinar menembus ke dalam lapisan kulit yang dalam sehingga terjadi pembakaran sel kulit yang hidup. Aliran darah pun meningkat di daerah yang terbakar sehingga menyebabkan kemerahan dan benjolan. Kerusakan ini bisa sulit untuk disembuhkan jika tidak segera ditangani.

5. Komedo

Kerusakan kulit akibat sinar matahari dapat menyebabkan komedo. Komedo terutama akan lebih terlihat di ujung hidung dan dahi. Paparan sinar matahari yang berlebihan menyebabkan komedo muncul pada wajah.

Beberapa efek negatif tersebut bisa kamu alami jika terpapar sinar matahari terlalu lama. Pastikan untuk membatasi waktu serta gunakan tabir surya dan krim pelembap untuk melindungi kulit kamu. [RWP]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini