Makan malam lebih awal, kunci sederhana cegah naiknya asam lambung

Kamis, 3 Agustus 2017 19:50 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Makan malam lebih awal, kunci sederhana cegah naiknya asam lambung Ilustrasi makan. Shutterstock/Arman Zhenikeyev

Merdeka.com - Kamu seringkali mengalami kenaikan asam lambung, mual, dan maag? Padahal selama ini kamu merasa bahwa kamu selalu memperhatikan apa yang kamu makan dan kamu pun makan dengan waktu yang teratur.

Ternyata seperti dilansir dari healthmeup.com, ada cara yang lebih efektif lagi untuk menangkal maag. Cara tersebut adalah dengan makan malam lebih awal.

"Makan 3 kali sehari merupakan hal yang wajib untuk dilakukan. Namun khusus untuk makan malam ada perlakuan yang khusus, yaitu sebaiknya kamu makan lebih awal. Jadi kalau biasanya kamu makan pukul 7 malam, maka sebaiknya lakukanlah pada pukul 6. Sebab memberikan jarak waktu yang lama antara makan malam dengan tidur mampu mencegah kenaikan asam lambung," saran Neelanjan Singh, ahli gizi dari Heinz Nutri Life Clinic.

Lebih lanjut dia menjelaskan apabila kamu memberikan jarak waktu yang lama maka kamu memberikan kesempatan makanan yang kamu konsumsi untuk tercerna dengan baik.

"Pencernaan akan lebih baik bekerja ketika kamu berada pada posisi duduk. Apabila kamu tidur setelah makan, maka akan menyebabkan kenaikan asam lambung dan perut kembung. Itulah yang membuat kamu sering merasa mual dan seperti ada rasa panas di kerongkongan," lanjutnya. [feb]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini