Makan Banyak Karbohidrat Bisa Buat Ibu Hamil Lebih Sehat

Minggu, 24 Maret 2019 18:09 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Makan Banyak Karbohidrat Bisa Buat Ibu Hamil Lebih Sehat Ilustrasi ibu hamil makan. Shutterstock/3dvin

Merdeka.com - Bagi ibu hamil, sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan kandungannya. Ternyata terdapat sebuah cara yang sangat mudah untuk memastikan kesehatan ibu hamil ini.

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di University of North Carolina di Chapel Hill menyebut bahwa terdapat suatu nutrisi yang harus dikonsumsi ibu hamil untuk memastikan kesehatan. Dilansir dari Her, kandungan yang sangat dibutuhkan ibu hamil ini adalah dengan mengonsumsi lebih banyak karbohidrat.

Berdasar sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Birth Defects Research, diketahui bahwa wanita yang ingin dan tengah hamil harus menghindari pola makan rendah karbohidrat atau bahkan tanpa karbohidrat. Pasalnya, karbohidrat memberi kamu tenaga dan berguna sebagai sumber penting bagi serat.

Sebagai tambahan, wanita yang membatasi konsumsi karbohidrat cenderung memiliki risiko 30 persen lebih tinggi masalah pada anak mereka. Hasil ini dibandingkan dengan wanita yang tidak membatasi konsumsi karbohidrat mereka.

"Kita sudah mengetahui bahwa pola makan maternal sebelum dan selama kehamilan awal memiliki peran besar pada perkembangan janin," ungkap Tania Desrosier, kepala peneliti dan profesor di UNC Gillings School of Global Public Health.

"Yang baru dari penelitian ini adalah temuan bahwa konsumsi rendah karbohidrat dapat meningkatkan risiko memiliki bayi dengan masalah otak hingga 30 persen. Hal ini patut menjadi perhatian karena pola makan rendah karbohidrat cukup populer," sambungnya.

Hasil penelitian ini didapat dengan menganalisis data dari 11.285 kelahiran bayi di sejumlah wilayah di Amerika Serikat antara tahun 1998 hingga 2011. Setidaknya terdapat 9.545 ibu yang melahirkan tanpa masalah sedangkan terdapat 1.740 ibu yang melahirkan dengan sejumlah masalah pada bayinya. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini