Kondisi Sosial Bisa Jadi Salah Satu Faktor Penyebab Diabetes

Minggu, 12 Januari 2020 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Kondisi Sosial Bisa Jadi Salah Satu Faktor Penyebab Diabetes Ilustrasi diabetes. shutterstock

Merdeka.com - Penyakit diabetes selama ini selalu dihubungkan dengan faktor genetik dan gaya hidup seseorang. Namun rupanya tanpa disadari ternyata terdapat faktor lain yang berpengaruh termasuk lingkungan sosial.

Pengaruh lingkungan menyebabkan potensi terkena diabetes lebih besar, baik bagi mereka yang secara genetik punya rentan mengidap penyakit tersebut maupun tidak.

"Yang memiliki keturunan diabetes tipe satu pun hanya akan jadi masalah kalau masyarakatnya kelebihan makanan kurang sehat," ujar Sosiolog Universitas Indonesia, Roby Muhamad, dalam konferensi pers Sun Life Resolution Run 2020 di Kuningan City, Jakarta Selatan.

Roby menambahkan, diabetes berhubungan dengan kondisi sosial.

"Apalagi, diabetes tipe dua. Menurut penelitian, hampir semua keputusan individu dipengaruhi orang lain. Jadi, bukan hanya penyakit menular saja yang bisa menular. Diabetes juga bisa karena perilaku kesehatan," papar dia.

Oleh karena itu, dibutuhkan lingkungan sehat agar efektif memerangi diiabetes maupun penyakit lainnya.

1 dari 2 halaman

Teman Sangat Berpengaruh

"Percuma, dia berperilaku sehat kalau teman-temannya tidak. Perilaku itu menular. Makanya, yang ditarget sebaiknya jangan individu, tapi komunitas."

Pembentukan komunitas ini dapat menghadirkan keakraban seseorang yang ingin hidup sehat. Sehingga, anggotanya tidak merasa digurui atau menggurui ketika bertukar kritik dan saran. Dengan cara ini, seseorang akan lebih mudah mencerna dan menjalani hidup sehat.

2 dari 2 halaman

Kegiatan yang bisa dilakukan oleh komunitas pun beragam. Tidak hanya seminar yang monoton, anggotanya juga bisa melakukan workshop, seperti demo masak makanan sehat.

"Kami berusaha menekankan dengan cara yang menyenangkan, seperti demo masak. Bagaimana cara bikin makanan sehat dengan cara menyenangkan, memilih makanan, mengubah paradigma rasa makanan sehat dan lain-lain," tutur Rudy Kurniawan, Pendiri Komunitas Sobat Diabet.

Namun sebelum bergabung dengan komunitas dan mengikuti kegiatannya, kamu harus bisa keluar dari lingkungan yang tidak sehat terlebih dulu.

"Keluar dari lingkungannya bisa dengan mencari lingkungan baru di media sosial. Misalnya, cari komunitas tertentu. Kalau teman offline nggak baik, cari inspirasi dan manfaatkan media sosial untuk keluar dari lingkungan toxic," tandas Roby.

Reporter : Cynthia Amanda Male
Sumber: Dream.co.id [RWP]

Baca juga:
Apakah Cukup Hanya Suntik Insulin untuk Mengendalikan Diabetes?
Kenali 4 Gejala yang Muncul ketika Anak Menderita Diabetes
Kesemutan Bisa Jadi Tanda Awal Penyakit Neuropati pada Penderita Diabetes

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini