Kenapa manusia doyan nonton film horor? Ini jawabannya

Jumat, 7 April 2017 00:01 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Kenapa manusia doyan nonton film horor? Ini jawabannya Ilustrasi film horor. ©therevealer.org

Merdeka.com - Bagi para penggemar film atau moviegoers, tentu kamu sepakat bahwa adanya setan atau hantu di dalam film horor Indonesia atau film horor Asia cukup menakutkan. Dan bahkan terkadang lebih menakutkan daripada film horor barat.

Lalu, apa sih yang membuat seseorang doyan banget nonton film horor? Dilansir dari livestrong.com, berikut adalah penjelasan ilmiahnya.

1 dari 5 halaman

Film horor bisa meningkatkan kepercayaan diri

bisa meningkatkan kepercayaan diriIlustrasi percaya diri. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Nenov Brothers Images

Glenn Sparks, profesor di Brian Lamb School of Communication di Purdue University dalam penelitiannya menemukan bahwa beberapa orang mengalami peningkatan kepercayaan diri yang nyata setelah menonton film horor.

"Setelah menonton film horor, manusia merasa bahwa mereka memiliki kemampuan untuk menghadapi rasa takut yang ada. Hal ini membantu meyakinkan diri mereka bahwa mereka bisa mengalami situasi yang menakutkan dalam kehidupan nyata. Itulah sebabnya rasa percaya diri itu muncul," jelasnya.

2 dari 5 halaman

Manusia butuh untuk 'merasa takut'

untuk merasa takutilustrasi takut. www.underworldtales.com

Tahukah kamu bahwa rasa takut itu tertulis di dalam DNA manusia?

"Penelitian mencatat bahwa sejak jaman dahulu manusia sebenarnya sudah disiapkan memiliki rasa takut di dalam dirinya. Rasa takut ini kemudian bermanfaat untuk memotivasi manusia dalam menghadapi situasi menakutkan yang ada. Ketika seseorang menonton film horor, maka film horor memfasilitasi manusia untuk memuaskan rasa takut tersebut."

3 dari 5 halaman

Adrenalin terpacu

Ilustrasi semangat. ©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/bikeriderlondon

"Ketakutan adalah emosi yang negatif," terang Sparks. "Dan saat manusia bisa mengalahkan emosi negatif tersebut, di saat bersamaan muncul adrenalin untuk mengalahkan rasa takut tersebut. Adrenalin yang muncul tak disangka bisa menjadi hal yang membuat manusia ketagihan."

4 dari 5 halaman

Film horor memperkuat ikatan emosi

memperkuat ikatan emosiIlustrasi film horor. ©therevealer.org

Dalam sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan di Royal Society of Open Science menemukan bahwa nonton film horor bisa membangkitkan emosi yang kemudian memicu munculnya hormon endorfin. Hormon ini sendiri bermanfaat untuk meningkatkan ikatan sosial sesaman manusia. Itulah sebabnya nonton film horor terkadang malah bisa meningkatkan kualitas hubunganmu dengan pasangan.

5 dari 5 halaman

Nonton film horor membakar kalori

horor membakar kaloriIlustrasi film horor. ©therevealer.org

Ternyata menonton film horor bisa membantumu untuk membakar kalori, lho. Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Westminster menyebutkan bahwa seseorang bisa membakar hingga 200 kalori setelah menonton 1 film horor. Sungguh merupakan sebuah cara yang menyenangkan untuk bakar kalori, bukan?

Dari penjelasan di atas kamu pun jadi tahu kenapa kamu suka nonton film horor. Semoga informasi tersebut bermanfaat! [feb]

Baca juga:
Hati-hati, 7 hal ini bikin detak jantung berhenti mendadak!
Selain darah, 4 anggota tubuh ini juga bisa didonorkan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini