Kafein dalam kopi mampu meningkatkan daya ingat

Senin, 13 Januari 2014 11:33 Reporter : Kun Sila Ananda
Kafein dalam kopi mampu meningkatkan daya ingat Ilustrasi kopi. ©Shutterstock/Ivan Kruk

Merdeka.com - Kabar baik untuk Anda yang memiliki kebiasaan minum kopi di pagi hari atau setiap hari. Penelitian terbaru mengungkap bahwa kafein pada kopi tak hanya meningkatkan kewaspadaan, melainkan juga membantu meningkatkan daya ingat seseorang.

Peneliti dari Johns Hopkins University mengamati efek kafein terhadap kemampuan seseorang untuk mengingat. Hasilnya, mereka menemukan bahwa kafein bisa meningkatkan kemampuan seseorang untuk mengingat hingga rentang waktu 24 jam setelah diminum.

"Penelitian kami menemukan bahwa kafein memberikan efek ini pada manusia. Kafein membuat proses mengingat menjadi lebih permanen dan susah dilupakan," ungkap ketua peneliti Michael Yassa dari University of California, seperti dilansir oleh Health Day News (12/01).

Hasil ini ditemukan peneliti setelah mengamati lebih dari 100 partisipan yang tak terbiasa minum kopi, teh, atau minuman soda. Dengan kata lain mereka tak terbiasa meminum kafein. Peneliti menemukan bahwa setidaknya diperlukan 200 miligram kafein untuk mendapatkan efek daya ingat yang meningkat.

Untuk penelitian ini partisipan diminta untuk melihat ratusan gambar biasa yang bisa mereka temui sehari-hari. Selanjutnya mereka mengonsumsi 200 miligram kafein, sementara sebagiannya diminta minum placebo. Partisipan yang mengonsumsi kafein diketahui bisa mengingat dan membedakan gambar yang tampak sama dengan gambar yang asli.

Namun peneliti menjelaskan bahwa efek ini tidak ditemukan ketika partisipan diberikan dosis kafein yang lebih kecil, atau jika kafein diberikan satu jam sebelum mereka melakukan tes. Meski begitu, peneliti belum yakin apakah efek mengejutkan dari kafein ini bisa membantu orang yang mengalami masalah dalam hal ingatan, seperti orang yang mengalami Alzheimer. [kun]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini