Ini Gejala Kanker Usus yang Dialami Istri Ustaz Maulana

Senin, 21 Januari 2019 12:59 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ini Gejala Kanker Usus yang Dialami Istri Ustaz Maulana Ustaz Maulana bersama Istri. ©instagram.com/m_nur_maulana

Merdeka.com - Penyakit kanker usus baru saja merenggut nyawa istri Ustaz Maulana, Nuraliyah Ibnu Hajar pada Minggu, 20 Januari 2019 pukul 16.21 WIB di RS Bhayangkara Makassar, Sulawesi Selatan. Lantas apa sebab munculnya penyakit kanker usus ini?

Dokter Alvin Nursalim dari KlikDokter menjelaskan soal kanker usus (kanker usus besar) seperti yang diderita istri Ustaz Maulana. Kanker usus disebabkan adanya pertumbuhan abnormal sel pada rongga usus.

"Gejalanya bisa berupa gangguan Buang Air Besar (BAB). BAB berdarah, perut kembung, gangguan pencernaan, nyeri perut, penurunan berat badan, dan lemas," kata Alvin, dikutip Liputan6.com dari KlikDokter.

American Cancer Society menyebut, gejala spesifik dari kanker usus besar dapat diketahui sejak penderita masih berusia 20-an. Kanker usus besar akan mengurangi pasokan sel darah merah. Tumor tumbuh dengan cepat, bahkan melebihi suplai darah kamu.

BAB berdarah yang terjadi pada penderita karena darah tersebut ikut diproses oleh saluran pencernaan. Hal ini memengaruhi warna feses yang dikeluarkan penderita kanker usus besar.

Salah satu tanda kanker usus yang juga perlu diketahui adalah sakit perut saat hendak buang air besar. Ketika BAB pun ada intensitas buang angin yang terus terjadi.

"Jika kanker masih stadium awal dan belum menyebar, tindakan operasi dapat dilakukan. Dengan begitu, sel kanker yang ditemukan dapat diangkat dengan sempurna,” tambah Alvin.

Penurunan berat badan dipengaruhi adanya tumor yang mulai berkembang. Kamu akan kehilangan nafsu makan sehingga tubuh kekurangan nutrisi. Metabolisme tubuh akan rendah. Penurunan berat badan kerap terjadi tanpa disadari.

Reporter: Fitri Haryanti Harsono
Sumber: Liputan6.com [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini