Ini 4 bahaya minum minuman keras bagi kesehatan tubuh

Sabtu, 14 Juni 2014 14:49 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ini 4 bahaya minum minuman keras bagi kesehatan tubuh Ilustrasi minuman beralkohol. Shutterstock/stockcreations

Merdeka.com - Minum minuman keras atau minuman beralkohol saat ini sudah mulai menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. Entah untuk pesta atau perayaan tertentu, minuman keras disuguhkan.

Menurut beberapa penelitian kesehatan, perilaku ini ternyata bisa membahayakan kesehatan Anda. Inilah efek minum minuman keras bagi kesehatan Anda seperti dilansir dari boldsky.com.

Mabuk, mual, muntah

Mabuk adalah salah satu efek yang paling umum dari minum minuman keras. Setelah mabuk biasanya diiringi dengan sakit kepala berat yang menyebabkan mual dan muntah.

Gangguan lever

Terlalu banyak asupan alkohol di dalam tubuh mampu membahayakan lever Anda. Sebab alkohol memicu lever Anda untuk bekerja dengan keras dalam menyaring cairan tersebut. Lever Anda bisa bengkak dan mengandung banyak air di dalamnya. Bahkan sekitar 10-20% penyakit lever disebabkan oleh konsumsi alkohol.

Kecanduan

Minuman keras mudah sekali membuat seseorang menjadi kecanduan. Hal ini disebabkan karena minuman ini berhasil menciptakan sensasi tersendiri pada kesehatan psikologis Anda. Tentu saja kecanduan alkohol dapat mengganggu kesehatan fisik dan mental Anda.

Menurunkan kesehatan mental

Minuman keras mampu memberikan efek yang buruk untuk kesehatan mental. Salah satunya adalah menurunnya fungsi dari otak, menurunkan kemampuan indera, meningkatkan risiko depresi dan frustasi, serta menyebabkan perubahan pola perilaku.

Minum minuman keras mampu membahayakan kesehatan Anda terutama apabila Anda mengonsumsinya secara berlebihan. Oleh karena itu berhati-hatilah dengan minuman jenis ini. Lebih baik hindari daripada menurunkan kesehatan Anda di kemudian hari. [feb]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kesehatan
  3. Top List
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini