Hati-hati, kesehatan mulut bisa pengaruhi kesehatan tubuh

Selasa, 1 Mei 2012 09:00 Reporter : Kun Sila Ananda
Hati-hati, kesehatan mulut bisa pengaruhi kesehatan tubuh ilustrasi. merdeka.com/actifadecreamreview.org

Merdeka.com - gigi, gusi, dan seluruh kesehatan mulut Anda ternyata adalah cerminan dari kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Tidak percaya? Simak keterangan yang diberikan You Beauty berikut ini.

1. Tulang rahang (rahang bawah)

Rahang manusia adalah tulang yang kuat. Rahang dapat memberikan tekanan 50 hingga 250 pon per inci saat Anda mengunyah. Saat mengunyah, rahang Anda berpindah tempat kemudian kembali pada tempatnya semula. Ini memudahkan Anda untuk mengunyah makanan. Rahang juga bisa menjadi sumber rasa sakit jika Anda mengunyah terlalu keras atau tanpa sengaja menggeretakkan gigi Anda saat sedang stres. Stres juga dapat menyebabkan rasa sakit pada rahang, mata, serta leher. Jika Anda merasa ada yang salah dengan rahang Anda, kemungkinan besar Anda sedang mengalami stres, atau ada salah satu gigi Anda yang tanggal.

2. Gusi

Jika Anda berpikir bahwa gusi tidak penting, maka Anda akan terkejut dengan fakta ini. Jumlah jaringan yang terlibat dalam penyakit gusi hampir sama dengan jaringan pada kulit tangan Anda. Saat plak ada di antara gigi dan gusi Anda, maka ini akan menyebabkan peradangan yang bisa menyebabkan penyakit periodontal. Bakteri yang sama dengan penyebab penyakit periodontal juga bisa mengakibatkan peradangan dan pengerasan arteri. Plak-plak yang bisa menyebabkan gingivitis ini terdiri atas bakteri, protein, gula, lemak, kalsium, dan fosfor. Ini juga bisa digunakan sebagai indikator penyakit jantung dan tingkat kolesterol.

3. Gigi

Jika Anda suka menggeretakkan gigi, Anda mungkin harus menanganinya secepatnya. Menggeretakkan gigi, atau biasa disebut sebagai bruxism tak hanya akan merusak gigi Anda, tetapi juga membuat Anda rentan terkena penyakit saat Anda hamil. Ini bisa mengakibatkan bayi dalam kandungan Anda juga memiliki kesehatan yang buruk.

Itulah kaitan antara kesehatan mulut dan kesehatan tubuh Anda. Keduanya tentu saling mempengaruhi. Jadi, jika Anda tak mau kesehatan tubuh Anda terganggu, ada baiknya Anda menjaga kesehatan mulut Anda dengan baik. [kun]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini