Hati-hati, 7 hal ini bikin detak jantung berhenti mendadak!

Rabu, 5 April 2017 15:38 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Hati-hati, 7 hal ini bikin detak jantung berhenti mendadak! Ilustrasi penyakit jantung. ©Shutterstock.com/woaiss

Merdeka.com - Bayangkan saat kamu sedang melakukan suatu aktivitas dan tiba-tiba kamu merasakan nyeri di dada lalu detak jantungmu berhenti secara mendadak. Tentu saja hal ini membahayakan, bukan?

Well, jantung merupakan organ tubuh yang sangat vital. Saat jantung berhenti berdetak tentu bisa mengakibatkan kematian. Penelitian yang dilansir dari boldsky.com mengungkapkan bahwa ada beberapa hal atau kondisi kesehatan yang bisa membuat jantung berhenti mendadak. Inilah penjelasannya.

Kecanduan kopi

Meskipun ini bukanlah gangguan kesehatan yang serius, namun kecanduan kopi akan meningkatkan tekanan darah yang berikutnya bisa membuat jantung berhenti berdetak.

Stres

Stres akan meningkatkan hormon kortisol. Hormon ini akan melemahkan otot-otot jantung dan menyebabkan jantung berhenti berdetak.

Konsumsi alkohol

Jika kamu adalah seorang alkoholik, maka hentikan kebiasaan ini. Sebab alkohol mampu meningkatkan adrenalin dalam darah dan membahayakan jantung.

kehamilan

Tahukah kamu bahwa terkadang kehamilan bisa membuat jantung berhenti mendadak? Sebabnya adalah fluktuasi hormon yang terjadi selama kehamilan.

Olahraga berlebihan

Olahraga secara terus-menerus akan membuat denyut jantung naik yang pada gilirannya membuat jantung mengerahkan banyak kekuatan untuk memompa darah sehingga terkadang bisa membuatnya berhenti sejenak.

Kekurangan mineral

Penelitian menemukan bahwa kekurangan kalium dan magnesium dalam tubuh bisa membuat jantung berhenti berdetak.

Dehidrasi

Dehidrasi akan melemahkan otot jantung yang kemudian membuat jantung berdetak tidak teratur dan bahkan berhenti sejenak.

Normalnya, denyut jantung untuk manusia dewasa adalah 60-100 bpm (beats per minute). Dan saat kamu merasakan kondisi abnormal di jantungmu, bisa jadi salah satu faktor di atas jadi penyebabnya. [feb]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini