Hal yang Penting Diperhatikan pada saat Menggunakan Pembalut Kain bagi Wanita

Jumat, 11 Juni 2021 09:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Hal yang Penting Diperhatikan pada saat Menggunakan Pembalut Kain bagi Wanita 6 Manfaat Menggunakan Pembalut Kain, Lebih Sehat dan Ramah Lingkungan. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Pada saat menstruasi, tidak dipungkiri bahwa pembalut sekali pakai merupakan pilihan utama bagi sebagian besar wanita di Indonesia. Walau begitu, sejumlah wanita ada yang memilih pembalut kain karena berbagai alasan baik karena faktor lingkungan maupun ekonomi.

Terkait penggunaan pembalut kain, dokter kebidanan dan kandungan Dwiana Ocviyanti, mengatakan boleh-boleh saja. Namun, wanita yang karib disapa Ovi ini mengingatkan untuk memperhatikan dengan saksama cara membersihkannya."

Pastikan cuci dengan bersih, menggunakan sabun dan air mengalir. Lalu jemur dan keringkan dengan sempurna," pesan Guru Besar Tetap Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini saat diskusi berasama Betadine beberapa waktu lalu.

Ia juga mengingatkan usai pembalut kain kering, pastikan untuk diseterikan sebelum dipakai.

"Menyetrika ini berperan untuk mematikan bila ada kuman di sana," terangnya.

Kelemahan dari pembalut sekali pakai adalah ketika berada di luar rumah atau bepergian. Mengingat pembalut harus diganti secara berkala.

Baca Selanjutnya: Ganti 2-3 Jam Sekali...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini