Faktor Genetik Jadi Hal yang Paling Penting untuk Mengetahui Usia Menopause

Rabu, 3 Juli 2019 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Faktor Genetik Jadi Hal yang Paling Penting untuk Mengetahui Usia Menopause Ilustrasi menopause. ©2012 Shutterstock/Monkey Business Images

Merdeka.com - Usia menopause pada wanita, seringkali tidak bisa dipastikan secara rinci. Namun sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa ada hal yang cukup mudah untuk mengetahui usia kapan kamu bakal menopause.

Dilansir dari Health24, pada sebagian besar wanita, menopause ini mulai terjadi sekitar usia 52. Walau begitu tidak ada waktu yang pasti dari menopause ini dan bisa saja lebih maju atau lebih mundur.

Terdapat beberapa hal yang yang bisa mempengaruhi terjadinya menopause ini seperti gaya hidup, kemoterapi, atau berat badan. Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa ternyata faktor genetik memiliki pengaruh yang lebih besar.

Harold Bae dari Oregon State University's College of Public Health and Human Sciences menyebut bahwa sejarah keluarga merupakan faktor paling penting dalam hal menopause ini. Jika ibumu mengalami menopause cukup awal, kamu juga bakal mengalami hal yang sama.

"Varian genetik dihubungkan dengan menopause lebih lambat telah dihubungkan dengan hidup lebih lama," tambah JoAnn Pinkerton.

"Walau menarse lebih awal serta jumlah total tahun reproduktif tidak diasosiasikan dengan penuaan lebih lambat, menopause lebih lambat (potensi reproduktif lebih lama) dihubungkan dengan penuaan yang lebih lambat," sambungnya.

Pada penelitian ini, tim peneliti yang dipimpin Bae mempelajari sejumlah penelitian yang telah dipublikasikan. Berdasar analisis terhadap penelitian, diketahui bahwa wanita masih bisa memiliki anak setelah usia 40 tahun cenderung memiliki peluang hidup hingga 100 tahun atau lebih tua, empat kali lebih besar. Wanita yang memiliki anak pada usia 35 ke atas juga memiliki dua kali lipat hidup melewati usia 100. [RWP]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini