Edamame, kacang gurih asal Jepang super sehat

Minggu, 31 Januari 2016 11:10 Sumber :
Edamame, kacang gurih asal Jepang super sehat ilustrasi edamame. ©www.hometownseeds.com

Merdeka.com - Cemilan sehat hadir dalam bentuk kacang kedelai yang masih berwarna hijau segar dan mudah ditemukan di restoran-restoran Jepang yang disebut sebagai edamame. Edamame memiliki rasa gurih yang enak dengan kadar nutrisi sehat yang tinggi dan baik untuk tubuh Anda.

Edamame memiliki kadarlemakdan kalori yang rendah dan tinggi protein,serat, vitamin dan mineral lainnya. Sedangkankacang kedelaisendiri memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah kadar estrogen yang tinggi untuk memperbaiki masalah kesehatan akibat ketidakseimbanganhormonpada wanita.

Sementara edamame, merupakan kacang kedelai yang dipanen pada waktu tertentu sehingga saat sudah cukup matang untuk dikonsumsi, kacang kedelai dipanen, meski belum matang maksimal dan masih berwarna kehijauan. Edamame biasanya dijual secara beku atau hijau segar untuk langsung dikonsumsi.

Di dalam edamame terdapat hampir semua nutrisi kecualivitamin D. Konsumsi satu mangkok penuh edamame, dan Anda sudah memenuhi 6 persen dari rekomendasi harian semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Anda juga memenuhi 20 hingga 40 persen dari rekomendasi harian protein, serat, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, thiamin, folat dan vitamin K.

Protein yang ada di dalam edamame termasuk lengkap, dengan 30 persen rekomendasi harian bagi pria dan 37 persen bagi wanita dalam 2,000 kalori per hari. Edamame yang tinggi folat juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh wanita hamil, karena memenuhi 120 persen rekomendasi asupan harian. Bagi orang dewasa, edamame membantu mencegah penyakit jantung.

Di dalam edamame, terdapat pula kandungan bahan kimia yang dikenal sebagai isoflavones yang menyerupai estrogen. Phytoestrogen ini membantu menurunkan kolesterol dan mencegah munculnya efek samping akibat menopause pada wanita. Phytoestrogen membantu memberikan asupan estrogen pada kadar estrogen wanita yang sudah menurun karena usia.

Memiliki kadar estrogen yang terlalu tinggi sendiri sebenarnya dapat menjadi penyebab terjadinya penyakit kanker payudara, rahim dan prostat. Konsumsilah isoflavones ini untuk membantu menurunkan risiko terkena kanker akibat kelebihan estrogen.

Edamame juga mengandung lemak ter-unsaturasi, dengan total lemak sebanyak 8 gram; 3 gram-nya merupakan lemak polyunsaturated. Menjaga agar asupan lemak yang diterima di bawah 25 hingga 35 persen dari total kalori dan mengonsumsi jenis lemak unsaturated saja dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan menjauhkan penyakit jantung.

Untuk mengonsumsi edamame, simpanlah terlebih dahulu edamame di dalam lemari es dan segeralah konsumsi dalam waktu dua hingga tiga hari. Setelah direbus selama lima menit dan diberikan taburan garam secukupnya, edamame dapat ditambahkan ke dalam sup atau salad, ditumbuk halus atau digunakan dalam masakan untuk menggantikan kacang polong. (PA)

Ditinjau oleh:dr. Nina Amelia Gunawan

Sumber: http://meetdoctor.com/ [feb]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini