Buah Hati Suka Pilih-Pilih Makanan, Ini 10 Cara Menyiasatinya

Rabu, 15 September 2021 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Buah Hati Suka Pilih-Pilih Makanan, Ini 10 Cara Menyiasatinya Ilustrasi anak makan sayur. parents.com

Merdeka.com - Salah satu permasalahan yang biasa dialami orangtua terhadap buah hati mereka adalah masalah makan. Anak kerap kali menjadi pemilih dalam makanan sehingga sering melakukan gerakan tutup mulut.

Pilih-pilih makanan pada anak ini kerap membuat mereka menjadi enggan makan dan hanya mau mengonsumsi makanan yang hanya itu-itu saja. Hal ini tentu saja tidak ideal.

Pada anak yang pemilih makanan, kerap kali hal ini menjadikan pola makan mereka tidak seimbang. Paksaan dari orangtua untuk konsumsi makanan tertentu juga kerap memunculkan pertengkaran yang tak perlu.

Untuk menyiasati masalah pilih-pilih makanan ini, orangtua bisa melakukan sejumlah hal. Dilansir dari Mayo Clinic, berikut sejumlah hal untuk menyiasati anak yang suka pilih-pilih makanan.

1. Hargai Selera Makan Anak

Ketika anak tidak lapar, jangan memaksa untuk memberi makanan atau cemilan. Jangan memaksa atau menyuap anak agar memaksa makanan tertentu yang tidak mereka sukai. Hal ini hanya akan membuat pertengkaran dan cekcok berlarut-larut antara anak dan orangtua.

Ketika orangtua terlalu memaksa, anak akan memandang waktu makan sebagai saat-saat yang membuat frustrasi dan cemas. Pastikan juga untuk memberi anak makanan dalam porsi kecil agar dia tetap bisa menghabiskannya dengan mudah.

2. Pertahankan Rutinitas

Usahakan untuk menyajikan makanan dan cemilan pada waktu yang sama setiap hari. Bersama cemilan, berikan juga susu atau jus buah alami pada anak.

Pastikan untuk memberikan cemilan dan jus atau susu pada waktu yang tidak mengganggu waktu makan anak. Pasalnya, memberikannya terlalu dekat dengan jam makan justru bisa membuat rasa lapar anak hilang.

Baca Selanjutnya: Sabar ketika Memberi Makanan Baru...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini