Benarkah Semakin Besar Bayi Berarti Semakin Sehat?

Rabu, 24 Juni 2020 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Benarkah Semakin Besar Bayi Berarti Semakin Sehat? ilustrasi bayi. ©www.dailymail.co.uk

Merdeka.com - Selama ini, kondisi sehat seorang bayi selalu dikatikan dengan badan yang dimilikinya. Bagi banyak orang, sering dianggap bahwa semakin besar bayi maka semakin sehat anak tersebut. Benarkah?

Dilansir dari Young Parents, sayangnya pandangan umum ini ternyata tak terbukti. Dr. Suzanna Sulaiman dari departemen obstetrik dan ginekologi di KK Women’s and Children’s Hospital (KKH) menyatakan bahwa ukuran tidak mencerminkan kondisi kesehatan bayi.

Faktanya, menurut professor Victor Samuel Rajadurai, konsultan senior dari KKH’s Department of Neonatology menyatakan bahwa bayi baru lahir dengan berat lebih dari 3,8 kg mengalami lebih banyak komplikasi dibanding bayi berukuran normal. Masalah ini termasuk luka ketika kelahiran, gula darah rendah, kalsium rendah, serta jaundice.

Berat badan bayi baru lahir yang normal adalah berkisar antara 2,6 hingga 3 kilogram. Sebagian bayi yang lahir dalam ukuran besar memiliki ibu dengan kondisi diabetes atau mengalami diabetes selama kehamilan yang dikenal sebagai gestational diabetes mellitus.

Baca Selanjutnya: Secara umum bayi tersebut memiliki...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini