KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Bayi dipijat, bikin sehat atau malah bahaya?

Senin, 17 Juli 2017 16:56 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ilustrasi bayi. ©Shutterstock.com/szefei

Merdeka.com - Tubuh bayi terasa begitu lembut nan lemah. Sehingga kamu perlu ekstra hati-hati ketika menyentuhnya entah saat memandikan, menggendong, atau bahkan membelainya.

Lalu bagaimana dengan sebuah pijatan? Amankah bayi dipijat? Dan seberapa pentingnya sebuah pijatan untuk bayi?

Dilansir dari boldsky.com, pijatan untuk bayi ternyata bukanlah sebuah keharusan. Meski banyak mitos yang mengatakan bahwa pijatan akan membantu dalam perkembangan tulang, melancarkan sirkulasi darah, atau membentuk tubuh bayi, namun sejauh ini belum ada bukti kuat tentang hal tersebut.

"Pijatan untuk bayi sebenarnya memiliki manfaat untuk mempererat hubungan orang tua dan anak. Sementara bagi bayi, pijatan akan membuatnya merasa nyaman dan aman sehingga tidur pun bisa nyenyak," jelas penelitian ini.

"Meski aman, tetap saja kamu harus memperlakukan bayi dengan aman dan steril. Sebelum memijat atau menyentuhnya, jangan lupa untuk mencuci tangan. Kemudian pijatlah dengan lembut. Penggunaan minyak aromaterapi malah tidak disarankan. Sebaiknya gunakan baby oil biasa untuk menghindarkan reaksi alergi baik di kulit maupun pernapasan. Saat melakukannya, amati reaksi buah hati. Jika dia suka, maka lanjutkan. Namun berhentilah untuk melakukannya ketika buah hati menangis sebab bisa jadi kamu malah menyakitinya." [feb]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.