Anak di Atas Usia 2 Tahun Ternyata Sudah Tidak Membutuhkan Tidur Siang Lagi

Rabu, 24 April 2019 19:09 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Anak di Atas Usia 2 Tahun Ternyata Sudah Tidak Membutuhkan Tidur Siang Lagi Ilustrasi anak tidur. Shutterstock/Hung Chung Chih

Merdeka.com - Pada usia masih kecil terutama di bawah lima tahun, semua orangtua pasti bakal membiasakan anak-anaknya untuk tidur siang. Kebiasaan ini disebut bakal membuat anak bisa beraktivitas lebih segar dari sore hingga malam hari.

Namun sebuah penelitian mengungkap bahwa tidur siang ini sesungguhnya tidak benar-benar diperlukan terutama di atas usia dua tahun. Dilansir dari Kidspot, sebuah panduan dari National Sleep Foundation menyarankan balita pada usia antara tiga hingga lima tahun butuh untuk tidur antara 10 hingga 13 jam sehari.

Secara umum, anak-anak mulai membutuhkan sebagian besar jam tidur mereka di malam hari pada usia dua tahun. Sebuah penelitian di Amerika Serikat mengklaim bahwa tidur siang pada anak di atas usia dua tahun dapat menyebabkan kualitas tidur yang semakin buruk.

Para peneliti dari temuan ini coba menghubungkan menurunnya kualitas tidur dengan berbagai masalah kesehatan dan perilaku. Beberapa masalah yang menjadi perhatian adalah perkembangan yang tertunda, obesitas, dan masalah emosional.

Perbedaan Antara Tidur Siang dan Malam

Profesor Karen Thorpe dan tim peneliti dari Queensland University of Technology mencoba melihat perilaku tidur siang dari penitipan anak. Hal penting yang dilihat adalah apakah anak-anak tersebut benar-benar butuh tidur siang atau tidak.

Dari penelitiannya tersebut, Thorpe menyebut bahwa setelah usia dua tahun, anak-anak sudah bisa untuk menentukan kebutuhan mereka untuk tidur siang. Diketahui bahwa memaksa anak-anak untuk tidur siang bisa mempengaruhi kualitas anak-anak ketika tidur malam hari.

"Orangtua seharusnya tidak berpikiran bahwa tidur siang hari dan malam hari merupakan hal sama dan dengan membuat mereka tidur siang bisa membuat anak tidur lebih banyak, karena pada sesungguhnya hal ini tak terjadi," jelas Profesor Thorpe.

"Ketika mereka tidak membutuhkan tidur secara biologis ketika siang hari, yang kamu lakukan dengan membuat anak-anak tidur siang justru mengganggu tidur malam hari karena telah diganggu," sambungnya.

Tergantung orangtua dan pengasuh anak lainnya untuk mengetahui ketika setiap anak benar-benar butuh tidur siang. Hal ini tidak boleh dipaksakan kepada anak-anak. Ketika anak sudah masuk usia tiga tahun, sebagian besar anak tidak membutuhkan tidur siang sama sekali. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini