9 Bahan alami ini sama hebatnya dengan antibiotik!

Selasa, 28 Oktober 2014 14:36 Reporter : Kun Sila Ananda
9 Bahan alami ini sama hebatnya dengan antibiotik! Ilustrasi oregano. ©2012 Merdeka.com/Shutterstock/Ildi Papp

Merdeka.com - Bicara tentang antibiotik, kebanyakan orang akan membayangkan obat yang diresepkan oleh dokter. Antibiotik sendiri adalah obat yang dikembangkan untuk membunuh bakteri. Namun, ada masalah dengan antibiotik yang diproduksi dari bahan kimia. Obat tersebut tak hanya membunuh bakteri yang buruk, melainkan juga bakteri baik yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Selain itu, selang beberapa waktu, bakteri akan mulai kebal terhadap antibiotik dan membuatnya tak efektif.

Karena itu, jangan sembarangan mengonsumsi antibiotik, terutama jika tak diresepkan oleh dokter. Akan lebih baik lagi jika Anda mengenali bahan-bahan alami yang bisa bekerja sama baiknya dengan antibiotik. Berikut adalah beberapa bahan alami yang memiliki efek sama dengan antibiotik, seperti dilansir oleh Health Me Up (17/10).

1. Bawang putih

Bawang putih adalah makanan super yang mengandung allicin. Allicin memiliki efek yang mirip dengan penicillin, yaitu komposisi utama pada obat antibiotik. Bawang putih juga memiliki zat anti peradangan, anti virus, anti parasit, anti jamur, dan antioksidan yang membantu mencegah penyakit, mengontrol tekanan darah, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Bawang merah

Bawang putih dan bawang merah adalah saudara dekat yang sama-sama efektif untuk mengatasi peradangan dan virus. Bawang merah mengandung banyak nutrisi yang akan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker.

3. Jahe

Jahe dikenal sebagai tanaman obat yang sudah digunakan sejak masa lampau. Tanaman akar-akaran ini memiliki zat penyembuhan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah masalah pencernaan.

4. madu

Pada masa lampau, madu digunakan untuk mengobati luka dan mencegah infeksi. Madu juga digunakan sebagai penghilang rasa sakit, antioksidan, anti kuman, dan masalah lainnya. Penelitian terbaru mengungkap bahwa madu sangat baik untuk melawan 60 macam bakteri. Selain itu, madu juga ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membersihkan darah, dan meningkatkan fungsi lever.

5. kayu manis

Kayu manis memiliki zat antibakteri dan anti jamur yang bisa ditemukan pada batangnya. Penelitian mengungkap bahwa kayu manis sangat efektif jika dikonsumsi dengan madu, karena efek keduanya akan membuat Anda terhindar dari serangan bakteri dan penyakit.

Temukan antibiotik alami lainnya di halaman selanjutnya... [kun] SELANJUTNYA

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini