6 Tanda yang Ditunjukkan Tubuh ketika Mengalami Masalah Tekanan Darah Tinggi

Jumat, 31 Juli 2020 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana
6 Tanda yang Ditunjukkan Tubuh ketika Mengalami Masalah Tekanan Darah Tinggi Ilustrasi sakit kepala. ©Shutterstock/EmiliaUngur

Merdeka.com - Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu masalah kesehatan yang rentan dialami. Salah satu faktor yang bisa menyebabkan masalah ini adalah konsumsi makanan terutama daging kambing berlebihan di masa Idul Adha ini. Hal ini bisa Menyebabkan masalah tekanan darah tinggi.

Selain makanan, ada banyak faktor yang mempengaruhi masalah tekanan darah tinggi seperti usia, sejarah kesehatan keluarga, obesitas, aktivitas fisik, kebiasaan merokok, dan konsumsi alkohol. Jika faktor-faktor ini dan tekanan darah tak segera disadari, akan memicu banyak masalah kesehatan seperti gagal ginjal, penyakit jantung, dan stroke.

Kondisi hipertensi atau tekanan darah tinggi ini biasanya diawali oleh sejumlah tanda kesehatan yang bakal muncul. Mengetahui hal ini secara lebih cepat bisa sangat membantu dalam mengatasi masalah kesehatan ini.

Terdapat beberapa gejala dari hipertensi atau tekanan darah tinggi yang harus diketahui sebagai penanda kondisimu. Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah gejala yang menandai bahwa kamu memiliki darah tinggi.

1 dari 6 halaman

Sakit Kepala

Ketika tekanan darah berada di atas 180/110 mmHg, kamu bisa mengalami sakit kepala. Namun sakit kepala biasanya tak muncul pada kondisi hipertensi yang ringan. Sakit kepala yang terus-menerus adalah gejala dari tekanan darah yang melonjak naik, keadaan yang lebih serius dari tekanan darah tinggi yang ringan.

2 dari 6 halaman

Mimisan

Mimisan juga merupakan tanda dari tekanan darah tinggi pada tahap awal. Jika kamu memiliki tekanan darah tinggi dan mengalami mimisan tiba-tiba dan sulit dihentikan, lebih baik segera temui dokter dan periksakan diri.

3 dari 6 halaman

Muncul Titik Darah pada Mata

Jika terdapat titik darah pada bola mata, sebaiknya waspadalah. Titik darah tersebut bisa jadi pembekuan darah akibat hipertensi atau tekanan darah tinggi. Ketika memeriksakan diri ke dokter, coba minta dokter untuk memeriksa tekanan darah, sebelum menghilangkan titik darah pada mata.

4 dari 6 halaman

Mati Rasa

Mati rasa atau rasa kesemutan bisa menjadi tanda awal dari stroke yang disebabkan oleh meningkatnya tekanan darah. Hipertensi atau tekanan darah tinggi yang tak segera dikontrol bisa menyebabkan kerusakan saraf yang memunculkan gejala ini.

5 dari 6 halaman

Mual dan Muntah

Tanda lain dari tekanan darah tinggi adalah mual dan muntah. Meski mual dan muntah bisa terkait dengan penyakit dan masalah kesehatan lainnya, namun ada yang membedakan jika mual dan muntah disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Biasanya seseorang juga akan mengalami pandangan yang kabur dan napas yang pendek-pendek.

6 dari 6 halaman

Vertigo

Rasa pusing disertai dengan kepala yang terasa ringan dan vertigo juga bisa menjadi gejala dari tekanan darah tinggi. Gejala semacam ini tak boleh diabaikan, terutama jika muncul secara tiba-tiba. Sementara itu, rasa pusing dan vertigo yang disertai dengan kesulitan berjalan dan pingsan bisa menjadi gejala awal dari stroke.

Deretan gejala tersebut merupakan tanda yang bisa muncul ketika serangan tekanan darah tinggi atau hipertensi menyerangmu. Sangat penting untuk segera melakukan penanganan ketika masalah ini kamu alami. [RWP]

Baca juga:
Udara Tengah Dingin, Waspadai Sejumlah Dampak Kesehatan yang Muncul
Olahraga di Tempat Berpolusi Udara Tinggi Bisa Membantu Turunkan Tekanan Darah
Bukan Hanya Anak-Anak, Orang Dewasa Juga Bisa Mendapat Manfaat dari Bermain
Orangtua Perlu Jadi Sahabat Anak di Masa Membentuk Identitas Diri

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini