6 Olahraga yang Mudah Dilakukan dan Sempurna untuk Menurunkan Berat Badan

Minggu, 25 Agustus 2019 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana
6 Olahraga yang Mudah Dilakukan dan Sempurna untuk Menurunkan Berat Badan Ilustrasi olahraga. ©2018 Merdeka.com/Pexels

Merdeka.com - Berolahraga dan aktif secara fisik merupakan hal yang penting untuk dilakukan setiap hari. Hal ini bisa mengurangi risiko obesitas, meningkatkan kesehatan jantung, serta mencegah sejumlah kondisi kesehatan lainnya.

Salah satu alasan seseorang untuk berolahraga adalah agar lingkar perut mereka mengecil dan berat badan menurun. Banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan seseorang untuk menurunkan berat badan sembari tetap sehat dan bugar.

Walau begitu, tak mudah bagimu untuk menentukan jenis olahraga yang sebaiknya kamu lakukan. Pilihan ini terasa semakin pelik terutama ketika kamu hendak menentukan jenis olahraga apa yang akan kamu lakukan untuk menurunkan berat badan.

Salah satu tantangan untuk menurunkan berat badan dengan olahraga ini adalah kesulitan untuk melakukannya secara konsisten. Hal ini bisa sangat sulit dilakukan secara rutin sehingga berat badanmu juga tak akan menurun dengan mudah.

Sejumlah olahraga tertentu bisa jadi sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah olahraga yang bisa membantu kamu dengan mudah untuk menurunkan berat badan.

1 dari 6 halaman

Pilates

Latihan atau olahraga ini ini sangat mudah dilakukan dan juga bisa dikerjakan di rumah. Pilates membutuhkan fleksibilitas, kekuatan otot, dan gerakan ketahanan.

Olahraga ini bisa menjadi cara menurunkan berat badan yang ideal. Sebuah penelitian mengungkap bahwa melakukan pilates selama 90 menit sebanyak 3 kali seminggu dapat mengecilkan lingkar pinggang, perut, dan pinggul.

2 dari 6 halaman

Yoga

Yoga secara mengejutkan bisa jadi cara yang ideal bagimu untuk membakar lemak. Selain bisa mengurangi stres, olahraga ini juga mampu membakar kalori. Peneliti menyarankan bahwa dua kali sesi yoga sepanjang 90 menit per minggu bisa menurunkan lingkar pinggang hingga 1,5 inci.

3 dari 6 halaman

Berlari

Olahraga lain yang mudah dan murah dilakukan untuk menurunkan berat badan adalah berlari. Olahraga ini telah lama dihubungkan dengan menurunnya berat badan karena bisa mengurangi lemak di perut yang menutupi sejumlah organ dalam. Sejumlah lemak ini merupakan pemicu penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes.

4 dari 6 halaman

Bersepeda

Cara lain yang lebih menantang untuk membakar lemak dan tetap bugar adalah bersepeda. Olahraga ini bisa dilakukan baik di dalam maupun luar rumah. Manfaat bersepeda juga bisa meningkatkan sensitifitas insulin dan menurunkan risiko kamu mengalami penyakit jantung, kanker, serta kematian prematur.

5 dari 6 halaman

Berenang

Sebuah penelitian mengungkap bahwa berenang selama 60 menit sebanyak 3 kali seminggu bisa menurunkan lemak tubuh dan faktor risiko penyakit jantung seperti kolesterol dan triglyserida darah. Seseorang yang berenang juga memiliki fleksibilitas lebih baik dibanding orang lain.

6 dari 6 halaman

Berjalan

Berjalan merupakan olahraga paling mudah untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitian mengungkap bahwa wanita obesitas yang berjalan selama 50 hingga 70 menit sebanyak 3 kali seminggu mengalami penurunan lemak tubuh dan lingkar pinggang sekitar 1,1 inci.

Sejumlah olahraga tersebut bisa kamu lakukan secara mudah dan mudah. Pilih olahraga yang paling cocok untuk kamu lakukan demi menurunkan berat badanmu dan tetap bugar. [RWP]

Baca juga:
Bosan Olahraga di Gym? 4 Olahraga ini Turunkan Berat Badan dan Perkuat Otot Perut
Berjalan Setelah Makan Bisa Membantu untuk Turunkan Berat Badan
Waspada! Menurunkan Berat Badan Bakal Lebih Sulit Usai Umur 30 Tahun
Konsumsi Kopi Diketahui Bisa Bantu Cegah Obesitas dan Diabetes

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini