6 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari saat Sakit Tenggorokan

Jumat, 9 Desember 2022 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
6 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari saat Sakit Tenggorokan Ilustrasi sakit tenggorokan. Shutterstock/Subbotina Anna

Merdeka.com - Kondisi cuaca yang serba tak menentu dan sering hujan belakangan ini telah membuat kita rentan mengalami masalah kesehatan. Salah satunya adalah terjadinya gangguan dan masalah di tenggorokan.

Gangguan di tenggorokan ini biasa ditandai dengan rasa sakit, gatal, atau iritasi di tenggorokan. Lebih lanjut, kondisi ini bisa menyebabkan rasa tak nyaman untuk menelan.

Pada saat mengalami kondisi ini, memenuhi kebutuhan air dalam tubuh dengan banyak minum air putih merupakan hal penting. Hal ini penting dilakukan walau tenggorokan terasa sakit untuk menelan.

Pada saat tengah mengalami sakit tenggrokan, terdapat sejumlah makanan yang sebaiknya dihindari untuk kesehatanmu. Dilansir dari Eat This, berikut sejumlah makanan yang sebaiknya dihindari pada saat mengalami sakit tenggorokan.

2 dari 4 halaman

Makanan Renyah dan Sitrus

1. Makanan Renyah

Makanan yang renyah seperti keripik dan kerupuk bisa menyebabkan kamu semakin sakit pada saat menelan. Kondisi makanan ini yang kering dan sedikit berminyak bisa membuat sakit tenggorokan yang kamu alami jadi memburuk dan membuatmu lebih sering batuk. Pada saat sedang sakit, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang lebih lunak dan lembut.

2. Buah-Buahan Sitrus

Kandungan vitamin C dari buah jeruk ini dibutuhkan tubuh untuk memulihkan diri. Sayangnya, kandungan asam yang ada di dalamnya bisa membuat tenggorokan terasa semakin gatal dan sakit.

Untuk mengonsumsi jeruk di saat mengalami sakit tenggorokan, sangat disarankan untuk menjadikannya dalam bentuk minuman hangat. Baik dalam bentuk teh lemon atau jeruk hangat, kamu tetap bisa memperoleh tambahan vitamin C tanpa membuat tenggorokan tak nyaman.

3 dari 4 halaman

Makanan Asam dan Pedas

dan pedas

3. Makanan Asam

Sama seperti buah-buahan seperti jeruk, makanan asam juga bisa menyebabkan iritasi di tenggorokan. Untuk mengonsumsinya, sangat disarankan untuk melakukannya hanya ketika tenggorokan sudah benar-benar sehat.

4. Makanan Pedas

Makanan pedas merupakan salah satu jenis makanan yang harus dihindari ketika sedang mengalami sakit tenggorokan. Konsumsi makanan pedas bisa menyebabkan iritasi di tenggorokan sehingga penting untuk dihindari.

4 dari 4 halaman

Sayuran Keras dan Gorengan

5. Sayuran Keras

Sayuran yang cenderung keras dan renyah seperti wortel dan seledri bisa menimbulkan rasa tak nyaman ketika dikonsumsi kala sakit tenggorokan. Pada saat mengalami sakit tenggorokan, disarankan untuk mengonsumsi sayur yang sudah matang sepenuhnya hingga terasa lembut.

6. Gorengan

Konsumsi gorengan merupakan hal yang sulit dihindari dalam kehidupan sehari-hari kita karena rasa lezat dan mudah didapatkan. Makanan berupa gorengan ini merupakan pilihan yang sebaiknya dihindari ketika sedang sakit tenggorokan karena bisa membuat rasa sakitnya tak kunjung hilang.

Pada saat kamu sedang mengalami masalah tenggorokan, sebaiknya hindari sejumlah makanan ini. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang lebih sehat untuk membantu pemulihan tubuh dan mencegah masalah tenggorokanmu tak kunjung sembuh. [RWP]

Baca juga:
Cara Menjaga Kesehatan Tenggorokan, Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi
Dari Sariawan Hingga Kuku Rapuh, Kenali Sejumlah Gejala dari Anemia
Walau Tak Bisa Sembuh, Namun Kanker Tetap Bisa Dikontrol

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini