5 Tanda Munculnya Batu Ginjal yang Perlu Kamu Waspadai

Minggu, 18 Oktober 2020 10:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Tanda Munculnya Batu Ginjal yang Perlu Kamu Waspadai ilustrasi batu ginjal. © kidneystones.uchicago.edu

Merdeka.com - Batu ginjal merupakan salah satu masalah kesehatan pada tubuh yang bisa sangat menyakitkan. Rasa sakit yang muncul ini bisa sangat parah dan muncul secara tiba-tiba tanpa disadari.

Salah satu tanda umum dari munculnya masalah batu ginjal ini biasanya bisa dikenali dari lokasinya di perut bagian bawah. Namun tentu saja hal ini bisa disalahpahami sebagai masalah yang muncul dari kondisi kesehatan lain.

Batu ginjal merupakan kumpulan mineral dan garam yang terbuat dari kalsium dan asam urat serta biasanya berbentuk keras. Batu ini terbentuk di dalam ginjal ketika terlalu banyak mineral tertentu dalam tubuh yang terakumulasi di air kencing.

Dua penyebab utama dari batu ginjal ini adalah dehidrasi serta obesitas yang kamu alami. Ketika asupan air di dalam tubuh kurang, air kencing menjadi terkonsentrasi dan tingkat mineral tertentu meningkat sehingga terbentuk batu ginjal.

Ukuran dari batu ini bisa sangat berbeda dan bisa keluar melalui saluran kencing. Sebelum masalah kesehatan menjadi parah, penting untuk mengetahui gejala dari masalah ini. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah tanda munculnya batu ginjal yang perlu kamu waspadai.

Baca Selanjutnya: Rasa Sakit yang Parah di...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini