5 Masalah seksual yang dialami wanita setelah melahirkan

Minggu, 4 September 2016 04:01 Reporter : Yoga Tri Priyanto
5 Masalah seksual yang dialami wanita setelah melahirkan Masalah seksual yang dialami wanita setelah melahirkan. © boldsky.com

Merdeka.com - Apakah Anda seorang ibu yang baru saja melahirkan seorang bayi? Apakah Anda mengalami masalah terkait hubungan seksual dengan pasangan Anda pasca melahirkan?

Jika iya, ketahuilah bahwa itu merupakan hal yang wajar terjadi bagi wanita yang baru saja melahirkan. Tentu saja hal itu disebabkan oleh tubuh yang telah mengalami banyak perubahan dan butuh proses untuk sembuh.

Kehamilan dan persalinan adalah dua fase yang paling penting dalam kehidupan seorang wanita. Yang mana seorang wanita melihat sejumlah perubahan drastis baik psikis dan psikologis. So, wanita butuh proses untuk kembali melakukan aktivitas normal dalam kurun waktu tertentu. Salah satunya adalah hubungan seks dengan suami.

Dalam hubungan seks, wanita yang baru saja melahirkan cenderung tidak ingin terburu-buru melakukannya. Nah, berikut ini adalah masalah-masalah yang akan ditemui wanita yang baru melahirkan saat hendak melakukan hubungan seks.

1 dari 5 halaman

Tak lagi sempit

Masalah seksual yang dialami wanita setelah melahirkan. © boldsky.com

Wanita yang baru saja melahirkan dengan proses normal akan mengalami hal ini, yakni kondisi vagina yang tak lagi sempit. Usai melahirkan secara normal, dinding vagina akan sedikit longgar sehingga kurang merasakan kenikmatan baik bagi dirinya maupun suami.

2 dari 5 halaman

Sakit

Masalah seksual yang dialami wanita setelah melahirkan. © boldsky.com

Banyak sekali wanita yang mengalami masalah keintiman setelah melahirkan. Hal tersebut disebabkan oleh rasa sakit yang masih dirasa pasca melahirkan. Terlebih lagi jika melahirkan dengan jalan cesar.

Tentu saja proses persalinan cesar membutuhkan waktu yang realtif lama untuk sembuh dari rasa sakit.

3 dari 5 halaman

Tidak nyaman dengan bentuk tubuh

Masalah seksual yang dialami wanita setelah melahirkan. © boldsky.com

Melihat banyak perubahan dari bertambahnya berat badan, bekas luka operasi, stretch mark, kulit kendur, dan lain-lain, jelas akan mempengaruhi psikologi wanita. Para wanita akan sadar diri bahwa banyak perubahan dalam dirinya sehingga kurang nyaman dan tidak percaya diri suaminya masih menikmati hubungan seks seperti sebelumnya.

4 dari 5 halaman

Kekurangan waktu

Masalah seksual yang dialami wanita setelah melahirkan. © boldsky.com

Masalah seksual melahirkan juga mencakup kurangnya waktu untuk memiliki hubungan seks. Jelas, banyak waktu dan perhatian yang akan dihabiskan untuk sang bayi. Saat sedang longgar pun, wanita cenderung beristirahat dan tidak ingin melakukan aktivitas apapun, termasuk seks dengan suami.

5 dari 5 halaman

Trauma

Masalah seksual yang dialami wanita setelah melahirkan. © boldsky.com

Ada banyak masalah trauma yang dialami ibu baru pasca melahirkan, salah satunya adalah rasa sakit yang dirasakan ketika persalinan. Jangan salah, rasa sakit ini dapat membuat seorang wanita trauma dan berujung pada tidak ingin area sensitifnya disentuh oleh suaminya. Takut hamil lagi. Takut sakit lagi.

[ega]
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini