5 Hal Aneh yang Mungkin Kamu Alami usai Berolahraga

Rabu, 12 Februari 2020 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Hal Aneh yang Mungkin Kamu Alami usai Berolahraga ilustrasi olahraga. ©www.shape.com

Merdeka.com - Berolahraga merupakan cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Melakukan olahraga ini bisa menjadi cara yang bakal langsung terasa pada tubuh secara keseluruhan.

Dampak yang terjadi pada tubuh dari berolahraga ini bisa berupa berbagai macam. Walau begitu, terdapat berbagai dampak yang tanpa kamu sadari bisa terjadi pada tubuh usai berolahraga.

Beberapa dampak yang muncul pada tubuh ini bisa sangat mencemaskan terutama ketika kamu melakukan olahraga secara intens. Berbagai hal ini kerap kali tidak kamu sadari bisa terjadi.

Sejumlah dampak yang dialami oleh tubuh ini bisa sangat umum dialami. Dilansir dari Elite Daily, berikut sejumlah hal aneh yang bisa kamu alami usai berolahraga.

1 dari 5 halaman

Perut Terasa Dingin

Banyak orang yang merasakan bahwa perut mereka menjadi dingin setelah berolahraga. Gregg DAndrea, pemilik dan pendiri GSTARFIT menerangkan bahwa hal ini bakal terjadi ketika kamu melakukan olahraga yang banyak melibatkan kaki.

Darah yang mengandung oksigen bakal terkuras ketika melakukan olahraga berat. Ketika hal ini terjadi, kaki bakal mengirim pesan ke otak yang menyatakan bahwa mereka membutuhkan tambahan darah. Ketika darah mengarah ke tempat dia dibutuhkan, dia akan melewati perut.

Secara jelas, hal ini terjadi karena sistem kardiovaskular menarik darah dari kaki menjauh dari organ seperti sistem pencernaan. Menjauhnya darah ini bisa menyebabkan rasa aneh dan dingin yang kamu alami.

2 dari 5 halaman

Ingin Buang Air

Walau terdapat penyebab berbeda dari masalah ini, namun gerakan naik turun yang kamu lakukan ketika olahraga bisa jadi penyebab terjadinya hal ini. Gerakan tubuh ini menstimulasi usus sehingga muncul keinginan buang air.

Selain itu, banyak juga orang yang mengonsumsi makanan manis dan minuman bersoda ketika berlari. Tingginya kandungan gula pada makanan dan minuman ketika atau sebelum lari bisa membuatmu lebih rentan terhadap masalah perut.

3 dari 5 halaman

Kedutan atau Sentakan pada Otot

Kedutan atau sentakan pada otot bisa terjadi usai kamu berolahraga terutama cukup keras. Hal ini bisa menjadi hasil dari otot yang kelelahan atau rendahnya tingkat elektrolit di tubuh.

Otot yang lelah dan elektrolit yang tidak seimbang bisa menjadi penyebab munculnya sentakan otot ini. Hal ini kamu alami ketika tubuh kekurangan cairan termasuk magnesium, potasium, sodium, serta mineral lain yang tak seimbang.

4 dari 5 halaman

Gatal di Paha

Ketika kamu berolahraga setelah lama berhenti, mungkin bakal muncul rasa gatl di paha. Hal ini terjadi karena arteri serta kapiler bakal melebar ketika berolahraga untuk memompa lebih banyak darah pada otot. Hal ini terutama terjadi karena ototmu sudah lama berhenti berolahraga sehingga kapiler melebar dan otot menandainya dengan rasa gatal.

Rasa dingin juga bisa menjadi penyebab dari munculnya rasa gatal di paha ini. Hal ini terutama kamu alami karena kurang minum yang berpadu dengan kulit kering sehingga rasa gatal ini bakal semakin terasa.

5 dari 5 halaman

Sesak Napas

Terdapat perbedaan antara sesak napas dengan napas berat yang mungkin muncul setelah berolahraga. Munculnya sesak napas ini bisa terjadi karena kita sering lupa untuk bernapas secara memadai saat berolahraga.

Mengambil napas dalam-dalam dan cukup biasanya terlupa pada saat berolahraga karena terlalu fokus pada hal lain. Hal ini bisa memicu munculnya sesak napas yang cukup mengganggu terutama di dada.

Berbagai hal tersebut bisa saja kamu alami usai berolahraga. Namun ketika masalah yang kamu alami ini sudah semakin berat dan mengganggu, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. [RWP]

Baca juga:
Cara Tepat Bagi Anak Muda untuk Tetap Sehat di Tengah Banyaknya Jajanan
Ini Perbedaan Gejala antara Infeksi Virus Corona dengan Flu atau Selesma
Biopsi Jadi Langkah Awal Penting untuk Deteksi Kanker
Kenali 5 Jenis Gangguan Pendengaran yang Mungkin Kamu Alami
Penggunaan Imunostimulan Bisa Jadi Cara Cegah Penularan Virus Corona

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini