5 Gerakan tangan untuk ringankan penderitaan akibat arthritis

Selasa, 16 Januari 2018 14:18 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
5 Gerakan tangan untuk ringankan penderitaan akibat arthritis Ilustrasi mengangkat jari. shutterstock

Merdeka.com - Arthritis adalah penyakit yang menyerang persendian dan biasanya membuat jadi bengkak dan kaku. Persendian tangan dan jari adalah anggota tubuh yang sering jadi langganan penyakit arthritis.

Hingga saat ini, belum ada obat khusus untuk merawat penyakit arthritis. Namun perawatan seperti gerakan ringan di bawah ini bisa kamu manfaatkan untuk membantu meringankan nyeri yang terjadi.

Apa saja gerakan tangan sederhana tersebut?

Mengepalkan tangan
Mulailah dengan meregangkan tangan dan jari, lalu secara perlahan mengepal ke dalam kepalan tangan. Jaga agar ibu jari berada di luar kepalan tangan. Perlahan lepaskan ke posisi asli. Ulangi 10 kali pada masing-masing tangan.

Menekuk jempol
Dengan menggunakan salah satu tangan, pegang pangkal ibu jari lalu tekuk ke bagian atas sampai kamu merasakan peregangan. Kembalikan ujung jempol ke posisi asalnya dan ulangi.

Menekuk semua jari
Luruskan jari-jarimu lalu tekuk senyaman mungkin. Dan kemudian luruskan sampai kamu merasakan peregangan.

Mengangkat jari
Istirahatkan telapak tangan di atas meja dengan posisi jari yang terbentang. Lalu satu per satu, angkat secara perlahan jari-jarimu dan kemudian istirahatkan selama beberapa detik.

Membuat bentuk O
Membuat gerakan atau bentuk O dengan ibu jari dan semua jari akan membantu meringankan rasa sakit atau nyeri di tangan. Tahan posisi ini selama beberapa detik. Lalu luruskan lagi. Ulangi beberapa kali di masing-masing tangan. [feb]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini