KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

5 Cara efektif mengobati diare pada bayi

Selasa, 19 Maret 2013 12:12 Reporter : Destriyana
Ilustrasi bayi diare. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Todd Castor

Merdeka.com - Anda harus tahu bahwa diare pada bayi dapat menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani dengan benar. Hal ini juga menjadi salah satu masalah kesehatan yang paling umum pada bayi. Setiap tahun, ratusan bayi meninggal karena diare di India karena mereka tidak diobati dengan benar sehingga kasus kematian balita karena diare jadi meningkat. Lantas, apa pengobatan rumah yang efektif untuk menyembuhkan diare pada bayi, sebelum itu membahayakan nyawa mereka? Berikut adalah solusi sederhana yang cukup efektif dalam mengobati masalah diare pada bayi, seperit dilansir Boldsky.

1. Beri asupan cairan yang mencukupi

Efek samping yang paling berbahaya dari diare adalah dehidrasi. Jika bayi Anda masih tergantung pada ASI, teruslah menyusui bayi secara teratur. Jika tidak, berikan banyak bayi cairan untuk menjaga tubuh mereka tetap terhidrasi.

2. Oralit

Bila bayi menderita diare, buatkan mereka campuran garam, gula dan air. Berikan larutan yang disebut oralit ini untuk bayi sehingga tubuh mereka dapat mengganti garam tubuh yang hilang ketika diare.

3. Berikan makanan yang mudah dicerna

Berikan makanan yang mudah dicerna seperti nasi lembut, pisang atau bubur. Jangan memberikan makanan yang terbuat dari sereal atau semacamnya karena itu akan susah dicerna.

4. Pijat gusi bayi

Terkadang, diare pada bayi disebabkan oleh rasa sakit ketika tumbuh gigi. Dalam hal ini, berikan bayi mainan yang aman untuk dikunyah. Anda juga dapat memijat gusi bayi dengan jari-jari Anda untuk meringankan rasa sakitnya.

5. Berikan air

Salah satu solusi yang paling umum untuk mengatasi diare pada bayi adalah dengan memberikan banyak air. Air dapat meredakan rasa sakit di perut dan juga melepaskan gas dari perut bayi.

Perlu waktu sekitar 3 hari untuk perut bayi kembali normal. Tetapi, jika bayi mengeluarkan tinja encer setiap jam atau terdapat bercak darah dalam tinja, bergegaslah ke dokter untuk mendapat penanganan yang lebih serius. [des]

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.