5 Alasan untuk minum lebih banyak air setiap hari

Selasa, 21 Januari 2014 16:15 Reporter : Kun Sila Ananda
5 Alasan untuk minum lebih banyak air setiap hari Ilustrasi minum air. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/BestPhotoStudio

Merdeka.com - Semua orang mengetahui pentingnya mengonsumsi air untuk kesehatan mereka. Namun masih saja tak sedikit orang yang tak mencukupi kebutuhan air putih mereka dan mengabaikannya. Padahal 70 persen tubuh manusia adalah air dan kekurangan air bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan.

Air memiliki banyak manfaat, mulai dari menghilangkan racun dari rubuh hingga mencegah penyakit. Karena itu, mengonsumsi dan mencukupi kebutuhan air setiap hari sangat penting dilakukan. Anda masih membutuhkan alasan lain untuk minum banyak air? Berikut adalah beberapa manfaat air lainnya, seperti dilansir oleh Mag for Women.

1. Membantu turunkan berat badan

Mengonsumsi banyak air akan mengurangi rasa lapas dan mencegah keinginan Anda untuk makan camilan. Jika Anda mengonsumsi banyak air juga bisa mengurangi lemak yang menumpuk dalam tubuh. Ketika kebutuhan carian tubuh terpenuhi, lever akan membantu mengolah lemak. Namun jika tubuh kekurangan air, lever membantu ginjal untuk mengeluarkan racun dari tubuh.

2. Menguatkan otot

Air membantu mengalirkan oksigen ke seluruh sel tubuh, termasuk sel otot. Dengan begitu, air sangat membantu dalam menguatkan otot dan membantu otot untuk mampu bekerja lebih keras dan lama. Ini cocok untuk Anda yang berusaha memiliki tubuh berotot, dan ini juga akan membuat Anda tak mudah merasa lelah.

3. Membuat kulit awet muda

Mengonsumsi banyak air akan membuat kulit Anda sehat dan terhidrasi. Dengan begitu, kulit akan terhindar dari kekeringan. Anda tak perlu menggunakan pelembap atau produk lain yang mengandung bahan kimia. Air akan membantu Anda untuk menjaga kulit tetap sehat dan terlihat awet muda.

4. Mencegah dehidrasi

Ini adalah manfaat air yang penting, yaitu menjaga jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi. Dehidrasi akan diikuti oleh efek lain yang bisa sangat berbahaya. Dehidrasi bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti migrain, kelelahan, kuli kering, masalah ginjal, keram otot, dan masalah kesehatan serius lainnya. Untuk menghindari ini, penuhi kebutuhan air Anda dan konsumsi lebih banyak air setiap hari.

5. Membantu proses pencernaan

Mengonsumsi air akan membantu fungsi sistem pencernaan dalam tubuh. Air sangat penting untuk mengeluarkan sampah yang tak dibutuhkan dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Kurang air akan menyebabkan Anda mengalami masalah pencernaan dan biasanya berujung pada konstipasi.

Itulah beberapa alasan untuk mengonsumsi lebih banyak air setiap hari. Ingat untuk selalu mengonsumsi banyak air, sekitar delapan sampai 15 gelas setiap hari. Jangan kurang dan jangan berlebihan, karena kelebihan air pun bisa buruk untuk tubuh. [kun]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Top List
  3. Kesehatan
  4. Kebugaran
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini