3 Cara Cegah Kelelahan ketika Bekerja dari Rumah

Selasa, 28 April 2020 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana
3 Cara Cegah Kelelahan ketika Bekerja dari Rumah Ilustrasi kelelahan. ©2012 Shutterstock/Sergey Mironov

Merdeka.com - Belum redanya persebaran COVID-19 menyebabkan masih banyak orang bakal bekerja dari rumah untuk sementara waktu. Walau bekerja dari rumah, namun terdapat berbagai kemungkinan yang bakal dialami seseorang.

Walau bekerja dari rumah, namun masih ada kemungkinan bahwa kamu bakal mengalami kelelahan. Pasalnya, terdapat kondisi yang bisa menyebabkan kamu jadi bekerja secara berlebihan.

Lingkungan kerja yang tidak seperti biasa juga bakal jadi masalah untukmu. Oleh karena itu, walau terlihat bekerja secara santai, namun besar kemungkinan kamu juga bisa mengalami kelelahan.

Sejumlah cara bisa kamu lakukan untuk mengatasi kelelahan yang muncul ketika bekerja dari rumah. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah cara untuk cegah kelelahan akibat bekerja dari rumah.

1 dari 3 halaman

Terapkan Jadwal Tertentu

Bekerja dari rumah bisa jadi sangat menyulitkan karena tidak ada jadwal yang ketat. Selain itu, sebelumnya kita telah memiliki rutinitas sebelum bekerja yang terlanjur melekat selama bertahun-tahun.

Bekerja dari rumah bisa menghilangkan segala rutinitas yang kita miliki sehingga menyebabkan kita bermalas-malasan atau malah bekerja terlalu lama. Membuat jadwal kerja sendiri selama di rumah bisa membantu mengatasi masalah ini dan membuatmu tetap fokus pada pekerjaan.

2 dari 3 halaman

Buat Batasan

Buat batasan mengenai hal yang jendak kamu kerjakan dan yang tidak. Hal ini sangat penting terutama pada waktu bekerja yang harus dibatasi.

Buat batasan dan jadwal waktu kapan kamu boleh bekerja dan kapan waktu untuk keluarga. Terapkan hal ini secara cukup disiplin agar kamu tidak merasa kelelahan dan terbebani akibat jam kerja yang terlampau panjang.

3 dari 3 halaman

Fokus pada Pekerjaan Paling Penting

Tidak adanya seseorang yang membatasi dan mengawasi pekerjaan membuat seseorang menjadi menghadap laptop dalam waktu lama. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk membuat skala prioritas pada pekerjaan.

Hal ini bisa membuatmu melakukan pekerjaan dengan lebih mudah dan tertata. Selain itu, selesaikan pekerjaan ini satu per satu agar tidak terasa membebani saat diselesaikan sekaligus bersamaan.

Membatasi diri antara waktu bekerja dan pribadi memang cukup sulit pada masa seperti ini. Namun, hal ini sangat penting dilakukan terutama untuk mencegah berbagai masalah yang mungkin kamu alami. [RWP]

Baca juga:
Tidak Hanya untuk Perempuan, Begini Tips Pedicure yang Bisa Dilakukan oleh Pria
Cara Tepat yang Bisa Dilakukan untuk Mencuci Masker Kain agar Tetap Aman
Sejumlah Cara Jitu Cegah Munculnya Masalah Punggung di Kehidupan Sehari-Hari

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini