MERDEKA.COM » REPORTER » TYAS TITI KINAPTI
133 berita dan foto

    Bak sebuah lukisan, hamparan sawah hijau memanjakan mata. Dari ujung ke ujung terlihat terasering berundak tersusun rapi. Keindahan alam nampak sempurna dengan si gagah Gunung Batukaru yang muncul di balik terasering.

    Berbalut kebaya berwarna putih dengan siger atau mahkota, wanita berbusana adat Lampung Pepadun ini nampak anggun. Berbagai perhiasan digunakan mulai dari ujung kaki sampai ke kepala. Kemilau emas menambah kesan estetik sendiri saat menggunakan busana adat Lampung Pepadun.

    Aura cantik mempelai wanita terpancar dalam balutan busana adat pengantin Minangkabau. Suntiang, sang mahkota kebanggaan wanita Minangkabau tersemat manis di kepala Anak Daro (pengantin wanita Minang). Menjulang tinggi berwarna keemasan dengan detail-detail yang menawan. Menambah kesan mewah dan elegan.

    Desa Malasari memiliki banyak pesona dengan paket lengkap. Dari Terasering 1001 undak, Kebun Teh Nirmala, Jembatan Kanopi sampai air terjun dan sungai. Keindahan alamnya yang sangat memesona menjadi daya tarik utama wisatawan

    Tatkala musim kemarau, seiring dengan menyusutnya debit air di Bengawan Solo. Jembatan darurat dari bambu mulai digunakan warga sebagai jalan pintas, menggantikan perahu penyeberangan. Terbuat dari bambu, kokoh tidaknya tentu menjadi kekhawatiran. Dilihat sepintas, jembatan ini sukses bikin bergidik ngeri.

    Takjub itulah yang pertama kali dirasakan saat pertama kali berkunjung ke Kawah Putih Ciwidey. Dari kejauhan, kabut tipis memenuhi wilayah wisata yang ada di kaki Gunung Patuha. Ranting-ranting pohon yang mati menumbuhkan kesan eksotis. Uniknya, air di danau ini bisa berubah warna.

    Didominasi dengan warna emas, mahkota tinggi yang menjulang. Para wanita ini terlihat anggun, cantik dan elegan. Payas Agung Bali memang membuat para wanita ini terlihat bak ratu bangsawan dengan pernak-pernik emas. Kecantikan semakin terpancar dalam balutan Payas Agung Bali.

    Butuh kesabaran yang ekstra sebelum garam kusamba bisa dikonsumsi. Ada rangkaian kegiatan berhari-hari sampai garam terhidang di dapur. Di desa Kusamba, Klungkung, Bali menjadi salah satu tempat penghasil garam kualitas terbaik di dunia. Tak ada regenerasi penerus, para petani garam diancam kepunahan.

    Air Terjun Jeneberang jatuh di antara tebing-tebing tinggi. Tempatnya tersembunyi di hulu Sungai Jeneberang. Suara percikannya beradu dengan nuansa alam. Asri menenangkan. Meski cantik dan eksotis, siapa sangka rupanya air terjun ini terbentuk karena bencana.

    Sesuai dengan namanya, Warung Jadul. Menginjakkan kaki di warung ini bak diajak bernostalgia. Kamu seolah dibawa ke masa lampau. Suasana dan pernak-pernik warung yang berusia 2 abad ini membuat kamu lupa sedang berada di tengah kota Temanggung. Cita rasa yang melegenda membuat warung ini tetap eksis hingga kini.

    Dari ujung bibir Pantai Timang, para pengunjung di tantang keberaniannya naik gondola. Melewati ganasnya ombak Pantai Selatan Jawa. Gondola berbahan kayu ini berayun-ayun di tengah lautan lepas. Rasa mendebarkan semakin terasa saat tiupan angin laut yang kencang menambah guncangan pada gondola.

    Bukan hanya sekedar menara suar biasa, Mercusuar Cikoneng ini memiliki banyak cerita untuk dikenang. Dari saksi kedahsyatan letusan Gunung Krakatau sampai titik awal dari pembangunan jalan Anyer-Panarukan oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda Daendels.

    Seorang pasien tidur tengkurap. Di punggungnya terdapat api yang menyala. Si jago merah itu berkobar di atas handuk yang sudah diberi herbal. Sekilas memang bikin berdebar, namun sang pasien nampak menikmati kehangatan api di punggungnya.

    Rumah panggung besar ini bertingkat tiga. Setiap lantainya memiliki keistimewaan masing-masing. Detail ornamen-ornamen di istana ini terukir indah. Berkat kemegahannya, saat pertama kali kali menginjakkan kaki di Istana Baso Pagaruyung seolah sedang menjadi raja dan ratu permaisuri.

    Hiruk pikuk desa di kaki Gunung Sinabung tak pernah terdengar lagi. Sejak 8 tahun silam tepatnya tahun 2013 penduduk meninggalkan rumah dan segala kenangannya. Desa di kaki Gunung Sinabung pun menjadi desa mati.

    Lapak sederhana, ukurannya kecil hanya mampu memenuhi sekitar 3-4 orang saja. Tetapi jangan salah, meski kecil Lapak Pak Amir di Pasar Kotagede ini selalu ramai pengunjung. Baru di buka sejak jam 6 pagi pengunjung sudah mengantre. Mencoba merasakan khasiat pengobatan alternatif bekam tanduk sapi.

    Air setinggi 5 meter mengucur deras di antara 2 tebing. Dengan lebar 1,5 meter, lubang menganga di antara air terjun ini bisa ditelusuri. Merasakan guratan-guratan halus yang menghiasi dinding- dinding tebing. Menakjubkan, keelokan wisata di Gunung Kidul ini membuat Luweng Sampang disebut Grand Canyon ala Indonesia.

    Bagi umat Hindu di Bali penanda seseorang sudah dewasa bisa ditandai dengan tradisi potong gigi atau Metatah. Memotong 6 gigi bagian atas berbentuk taring. Ritual keagamaan ini merupakan salah satu ritual yang harus dilalui anak ketika beranjak dewasa atau akil balig.

    Sebuah penelitian dari Washington University School of Medicine membuktikan Orangutan memiliki DNA yang mirip dengan manusia. Bahkan tingkat kemiripannya mencapai 97 persen. Enggak heran, kalau satwa endemik Indonesia, Kalimantan dan Sumatera ini mendapat julukan manusia hutan.

    Jalur yang paling ikonik di Gunung Raung ialah jalur Shiratal Mustaqim. Dijuluki Jembatan Shiratal Mustaqim karena sempit dan menyeramkan. Jalur dari gundukan tanah ini berupa jalan setapak yang hanya bisa dilalui 1 orang. Dengan tingkat kemiringan yang cukup curam. Kanan-kirinya langsung berbatasan dengan jurang.

 1  2  3  4  5  6  7    >>|