MERDEKA.COM » REPORTER » TYAS TITI KINAPTI
324 berita dan foto

    Pohon Walitis tampak gagah meski usianya sudah menginjak usia ribuan tahun. Tak terlihat rapuh, justru semakin kokoh. Pohon Walitis di Hutan Rasamala memiliki tinggi mencapai 30 meter dan lingkar batang 7,5 meter. Untuk memeluk batang pohon ini diperlukan enam orang dewasa yang saling tautan sambil merentangkan tangan

    Masjid Islamic Center merupakan salah satu sarana ibadah bagi mayoritas umat muslim di Kota Petro Dollar. Bangunan seluas 16.475 m2 yang di dominasi warna keemasan merupakan masjid termegah di Kota Lhokseumawe.

    Layangan Janggan bak dewa layangan. Dengan panjang ekor yang menjuntai, layangan Janggan berbentuk naga ini dianggap sebagai layangan paling sakral saat Melayangan. Karya terbang itu dipercaya memiliki tulang dan organ tubuh selayaknya manusia, bahkan memiliki roh.

    Air di Umbul Jumprit memang bukanlah air biasa. Bagi Umat Budha, air Umbul Jumprit dianggap sebagai air suci pembersih jiwa manusia. Air ini juga sering digunakan peziarah untuk kungkum. Uniknya, seusai kungkum para peziarah akan membuang celana dalam.

    Ide rumah sepatu ini bak pembuktian kesuksesannya. Dulunya, Sudirman pernah bekerja di perusahaan kontraktor di Makassar. Ia mendapat perlakuan kasar, ditendang oleh atasannya dengan sepatu proyek. Bentuk sepatu proyek itu pun melekat dalam benaknya. Ia bertekad saat sukses akan membuat rumah berbentuk sepatu proyek.

    Gemerlap lampu dulunya menyinari tempat ini, namun kini lampunya padam. Poster film besar tak akan nampak lagi. Dulu bangunan ini adalah primadona, berjaya era 80-an harus tutup 2019 lalu. Kini, Karawang Theatre meninggalkan sisa kegemilangannya.

    Dengan bentuk yang lebar dan tinggi, menariknya Rumoh Aceh dibangun tidak satu pun menggunakan paku. Bahkan jenis material bangunan di era modern saat ini. Semua struktur bangunan rumah adat Aceh terbuat dari alam.

    Lebih dari sebuah tas, noken aksesoris khas Tanah Papua ini sudah sangat menyatu dengan kehidupan sehari-hari warga Papua. Tas rajut ini juga memiliki makna yang mendalam. Salah satu filosofinya menyebutkan Noken adalah simbol kehidupan yang baik dan kemakmuran.

    Dengan kepala yang tertutup galon, Ali membantu mengatur lalu lintas di persimpangan jalan. Menjadi andalan sekaligus penghibur para pengguna yang melintas.

    Dari tanah kecil di Desa Soropadan yang berbatasan dengan Desa Kupen, Kecamatan Kaloran, terdapat sebuah tugu kecil yang menandai titik tengah Pulau Jawa. Tugu kecil bernama Sepuser ini menjadi titik nol kilometer Pulau Jawa seluas 128.297 km² ini.

    Cantik dan memukau. Keelokannya membuat pengunjung terbius dengan keindahannya. Enggak salah, kalau Waduk Pusong menjadi salah satu destinasi wisata saat berkunjung ke Lhokseumawe, Aceh.

    Sekilas memang nampak sama seperti tari topeng di daerah lain, namun yang menjadi ciri khas Manopeng jiwanya tak sadarkan diri. Seseorang yang sebelumnya kaku tak bisa menari pun dalam tarian ini bisa lihai menari.

    Salah satu primadona wisata Lhokseumawe ialah Waduk Pusong. Waduk ini menjadi waduk terbesar di kota ini. Waktu terbaik mengunjungi Waduk Pusong adalah saat sang surya hendak pulang ke peraduan

    Sesuai dengan namanya Kampung Salapan yang berarti 9. Kampung ini hanya boleh dihuni 9 keluarga, terdiri dari 27 jiwa baik orang dewasa hingga anak-anak. Tidak lebih, tidak kurang. Apabila jumlah keluarga melebihi 9 keluarga, maka salah satu keluarga harus keluar dari kampung ini.

    Tidak banyak yang tahu di Tanah Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur terdapat jejak peninggalan Belanda. Situs ini bernama Talang Abang. Uniknya, bangunan berusia 1 abad lebih ini dibuat tanpa semen dan masih kokoh berdiri hingga saat ini.

    Amin sang petani disabilitas ini mampu membuktikan, keterbatasan fisiknya tak menghambat kehidupan. Dari Kopi Tledok rintisannya, Ia mampu membangkitkan semangat para petani Kopi Kajoran. Membuka lapangan kerja dan menambah pundi-pundi penghasilan.

    Desain Masjid At Taqwa sangat menarik dengan nuansa etnik khas alas Gayo di sisi dindingnya. Selain memperhatikan nilai estetik, masjid kebanggaan Aceh Tenggara ini juga tahan gempa hingga 8 SR.

    Tak hanya sebagai pemanis persawahan saja, rupanya kolecer ini dibuat sembari mengenalkan permainan tradisional. Pasalnya, kolecer sejak zaman nenek moyang sudah menjadi sarana hiburan warga.

    Istilah ‘guel’ dalam bahasa lokal (Gayo) berarti ‘membunyikan’ ini juga berkaitan erat dengan legenda Gajah Putih dalam cerita rakyat 'Sengeda dan Bener Merie'. Unik dan memiliki makna yang dalam, Tari Guel menjadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia yang ditetapkan oleh UNESCO pada 2016 lalu.

    Berbeda dari biasanya, di Desa Sedengan Mijen Krian Sidoarjo tumpengan ini bukan berwarna warni-warni layaknya tumpengan pada umumnya. Di desa ini, tumpengan terlihat ikonik berwarna putih yang berasal dari tempe.

   1  2  3  4  5  6  7    >>|