Merdeka.com tersedia di Google Play


Soeharto sering ziarah ke makam Sunan Kalijaga dengan menyamar
Reporter : Parwito | Sabtu, 11 Juli 2015 06:13




Soeharto sering ziarah ke makam Sunan Kalijaga dengan menyamar
ilustrasi soeharto. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Beberapa presiden diketahui pernah berziarah ke Makam Sunan Kalijaga di Desa Kadilangu, Kecamatan Kadilangu, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Salah satu di antaranya adalah Soeharto.

Namun Soeharto sering bertandang ke makam Sunan Kalijogo dengan cara menyamar dan tidak memperlihatkan dirinya sebagai presiden kedua di Indonesia karena kondisi zaman Orde Baru yang dianggap berisiko.

"Kalau Pak Harto sering ke sini juga pas dirinya jadi presiden. Tetapi beliau berkunjung secara incognito (menyamar). Hal itu dilakukan supaya tidak diketahui orang lain dan tidak menarik perhatian rakyat-rakyat kecil serta pedagang lainnya," papar Pengurus Spiritual Yayasan Makam Sunan Kalijaga R Rahmad ditemui merdeka.com di rumahnya, Jumat (10/7).

Selain Soeharto, beberapa pejabat lainnya kedapatan sering berziarah dan berdoa di makam Sunan Kalijaga ini. Di antaranya Megawati Soekarnoputri, Ir Soekarno, KH Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur.

"Kalau pas presidennya SBY (Soesilo Bambang Yudhoyono) enggak pernah dia ke sini. Enggak pernah,' ungkapnya.

Kedatangan mereka ke sini, menurut Panembahan Rahmad, berdoa dan meminta keselamatan untuk negara."Kalau doa lainnya kami tidak tahu dan itu semua terserah tujuan mereka masing-masing,"terangnya.

"Kita hanya mempersilakan apabila mereka akan datang ke sini baik secara pribadi maupun secara kenegaraan. Biasanya kalau secara pribadi langsung masuk makam dan secara kenegaraan atau pemerintahan resmi pasti singgah ke rumah terlebih dahulu," pungkasnya.

[rep]



Komentar Anda


READ MORE


Back to the top

LATEST UPDATE