Mengenal perbedaan pipa PVC dan HDPE

Rabu, 21 Maret 2018 07:00 Reporter : Wuri
Mengenal perbedaan pipa PVC dan HDPE Mengenal perbedaan pipa PVC dan HDPE. ©Shutterstock

Merdeka.com - Dilema saat membangun sebuah rumah impian adalah menentukan pipa mana yang paling tepat. Peran pipa air memang sangat vital. Pipa yang baik akan membuat saluran air lancar dan rumah nyaman untuk ditinggali.

Bicara tentang pipa, ada banyak jenisnya di pasaran. Salah satu yang populer adalah pipa PVC, yang banyak digunakan di rumah-rumah. Tapi dengan semakin berkembangnya jaman, kini ada pula pipa HDPE. Keduanya dianggap penting dalam mengalirkan air dari dalam atau ke luar rumah. Jadi, mana yang sebaiknya dipilih sesuai dengan kebutuhan?

Pipa PVC

Pipa PolyVinyl Chloride, atau disingkat PVC, adalah pipa yang sangat populer di dunia. Kelebihan dari pipa ini adalah ringan dan kuat, tidak mudah terkena korosi air karena terbuat dari plastik. Tak heran bila pipa PVC selalu menjadi pilihan utama bagi proyek-proyek perumahan di seluruh Indonesia. Pipa ini juga sangat tepat untuk dipakai untuk saluran kamar mandi, pembuangan dapur, dan lain-lain. Pemasangannya yang hanya menggunakan lem perekat membuat pipa PVC lebih dipilih ketimbang pipa besi yang harus disolder.

Pipa HDPE

Pipa HDPE adalah singkatan dari High Density Polyethylene merupakan pengembangan dari PE. Pipa ini terbuat dari plastik dengan elastisitas tinggi sehingga bisa digulung. Pipa HDPE sendiri lebih sering digunakan untuk kebutuhan proyek PDAM, pertanian, hingga irigasi.

Pemilihan pipa HDPE ini karena bahan plastiknya non-toxic sehingga aman untuk air konsumsi rumah tangga. Hal ini menutup kekurangan pipa besi yang mudah berkarat dan membahayakan bila terminum manusia.

Karena elastis dan kuat, pipa HDPE banyak digunakan masyarakat yang tinggal di lingkungan dengan kontur tanah bebatuan yang curam, rawan gempa, longsor, dan tanah labil. Keberadaan pipa HDPE sudah diakui keunggulannya dan sering digunakan untuk pipa industri, perkebunan, hingga pertanian karena bentuknya yang cocok digunakan untuk kondisi lahan yang sulit.

Sudah tahu mana pilihan pipa yang paling tepat untuk kebutuhanmu? Jangan lupa tetapkan pilihan pada pipa berkualitas seperti RUCIKA. Ada banyak pilihan yang ditawarkan dengan harga pipa terjangkau, misalnya saja RUCIKA STANDARD yang banyak digunakan untuk saluran air bersih dan air buangan di rumah. Materialnya sendiri terbuat dari uPVC yang punya banyak kelebihan, yaitu tahan terhadap korosi, kuat, ringan, dan mudah dalam menyambung serta memelihara.

Ingin tahu lebih jauh tentang produk pipa apa saja yang ditawarkan oleh RUCIKA? Langsung saja klik di sini.

[wri]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Advertorial

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini