Begini kriteria memilih lem untuk pipa PVC di rumah

Kamis, 22 Maret 2018 07:00 Reporter : Wuri
Begini kriteria memilih lem untuk pipa PVC di rumah Begini kriteria memilih lem untuk pipa PVC di rumah. ©Shutterstock

Merdeka.com - Zaman dulu, pipa air yang terbuat dari besi lebih banyak digunakan untuk pembangunan rumah. Cara menyambungnya pun cukup rumit karena harus disolder terlebih dulu. Untungnya sekarang sudah ada pipa PVC yang terbuat dari plastik dan lebih praktis. Cukup disambung dengan lem, pipa pun sudah bisa dirangkai menjadi saluran air. Harga pipa PVC pun terbilang lebih murah.

Tapi, jangan lupa memilih lem pipa PVC yang tepat untuk saluran air di rumah. Berikut ini beberapa kriteria yang perlu diperhatikan.

Merekat Sempurna

Bila lem pipa digunakan untuk kebocoran atau instalasi PVC baru, pilih lem yang bisa merekatkan dengan sempurna dan tahan lama. Tentunya tidak ada yang ingin bongkar-bongkar saluran pipa gara-gara pilih lem sembarangan dan daya rekat yang berkurang, kan?

Tahan Lama

Pastikan lem dapat mensenyawakan (solvent cement) pipa dan sambungan PVC supaya di kemudian hari tidak terjadi kebocoran. Merekatkan pipa secara serampangan dengan lem berkualitas buruk justru malah mendatangkan kesusahan di kemudian hari. Pipa jadi rusak, harus memperbaiki lagi, yang pada akhirnya akan menguras tabungan Anda sendiri.

Efisien

Ada banyak sambungan pipa air yang harus disatukan ketika membangun rumah. Jangan sampai boros menggunakan lem pipa PVC. Terlalu banyak menggunakan lem bukan jaminan pipa akan merekat sempurna. Sebaiknya sambungkan dengan cermat, menggunakan lem seefisien mungkin. Semakin tepat penggunaannya, semakin bagus pula hasilnya.

Ketiga kriteria di atas bisa diperoleh jika menggunakan TRUGlue dari RUCIKA. Lem yang satu ini memiliki keunggulan proses pensenyawaan yang singkat dan cara yang mudah, tanpa perlu diputar. Selain itu harga lem pipa PVC TRUGlue juga sangat terjangkau dan sesuai dengan kelebihan produknya.

Untuk kualitas saluran air yang lebih maksimal, jangan lupa juga menggunakan pipa air yang diproduksi RUCIKA. Ada beragam pilihan jenis pipa yang bisa menyesuaikan kebutuhan. Misalnya saja RUCIKA STANDARD yang biasa digunakan untuk saluran air di rumah bersih dan buangan di rumah. Pipa bermaterial uPVC ini memiliki berbagai keunggulan dibandingkan pipa polimer lainnya, mulai dari tahan terhadap korosi, kuat, ringan, dan mudah dalam penyambungan serta pemeliharaan.

Sementara itu, untuk kebutuhan saluran air panas di rumah, RUCIKA GREEN menjadi pilihan terbaik. Pipa ini menggunakan sistem penyambungan heat fusion dengan alat pemanas polyfusion electrofusion. Hasilnya adalah penyambungan yang homogen atau senyawa yang menjamin kekuatannya, anti bocor, bebas perawatan dan didesain agar awet hingga 50 tahun ke depan. Info lebih lengkap tentang produk RUCIKA, langsung saja klik di sini.

Jika sudah mengetahui bagaimana cara memilih pipa dan lem pipa yang tepat, saluran air di rumah pun bisa semakin berkualitas. [wri]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Advertorial

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini