Survei SMRC: Tanpa Pemilih PDIP, Ganjar Bisa Unggul dari Prabowo dan Anies

Minggu, 13 Juni 2021 15:47 Reporter : Ahda Bayhaqi
Survei SMRC: Tanpa Pemilih PDIP, Ganjar Bisa Unggul dari Prabowo dan Anies Ganjar Pranowo. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) mencatat elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo unggul dari Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dilihat dari simulasi elektabilitas tanpa pemilih PDIP.

Elektabilitas Ganjar tanpa memasukan pemilih PDIP mencapai 35,3 persen, Prabowo 30,8 persen dan Anies 25,5 persen. Sementara, tidak tahu/tidak jawab 8,4 persen.

"Pada Pemilih yang tahu Prabowo & Ganjar & Anies & tanpa pemilih PDIP, Ganjar mendapat dukungan terbanyak 35,5%, disusul Prabowo 30,8%, dan Anies Baswedan 25,5%," ujar Manajer Program SMRC Saidiman Ahmad saat rilis survei secara daring, Minggu (13/6).

Melihat hasil ini, Ganjar bisa unggul dari Prabowo dan Anies meski tanpa pemilih PDIP. Namun, menjadi lebih berat pula.

"Kemungkinan Ganjar unggul atas Prabowo dan Anies tanpa dukungan pemilih PDI Perjuangan masih ada tapi menjadi lebih berat," kata Saidiman.

Bila dibedah, Ganjar banyak mendapat dukungan dari pemilih PKB, Demokrat, dan partai non parlemen juga pemilih partai yang masih mengambang. Pemilih Ganjar dari pemilih PKB sebesar 68 persen, Demokrat 40 persen, dari non parlemen 46 persen, dan 31 persen dari pemilih yang belum menentukan partai mana.

Sementara pemilih Golkar memilih Ganjar sebesar 36 persen, kemudian Gerindra 21 persen, PKS 17 persen, Nasdem 27 persen, PPP 12 persen, dan PAN 29 persen.

"Ganjar tanpa PDIP mendapat dukungan dari partai lain di luar PDIP, paling banyak dari PKB, Demokrat, partai non-parlemen, dan yang menyatakan 'belum tahu' memilih partai mana," kata Saidiman.

SMRC menggelar survei nasional melalui wawancara lapangan pada 21-28 Mei 2021. Responden dipilih dengan metode multistage random sampling sebesar 1220 responden. Margin of error survei sebesar kurang lebih 3,05 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini