Sindiran-Sindiran Megawati di Kongres PDIP, Sampai Bilang Pernah Dikibuli

Sabtu, 10 Agustus 2019 05:00 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Sindiran-Sindiran Megawati di Kongres PDIP, Sampai Bilang Pernah Dikibuli Megawati Pidato di Kongres V PDIP. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Saat pembukaan Kongres ke V Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Bali, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyampaikan pidato politik di depan para kader dan tamu undangan. Pidato politik Mega berisi tentang demokrasi dan toleransi.

Namun di sela-sela pidato itu, Mega beberapa kali melontarkan sindiran kepada partai-partai lain. Bahkan Mega menyebut pernah dibohongi saat Pemilu 2014 lalu. Berikut sindiran Mega pada acara Kongres PDIP:

1 dari 4 halaman

Dibohongi di Pemilu 2014

Saat menyampaikan pidato politik dalam Kongres V di Sanur, Bali, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyinggung kerap dibohongi. Di mana pada Pemilu 2014 lalu, Mega merasa dibohongi oleh Golkar yang telah mengambil jatah kursi ketua DPR. Padahal berdasarkan Undang-Undang MD3, partai pemenang pemilu berhak atas kursi pimpinan DPR.

"Airlangga! itu yang baju ijo juga (Suharso PPP) jangan melemboni (membohongi) loh MD3 loh. Dilihat sama anak-anakku kayak zaman dulu kita dikibuli terus loh. Untung ibu Mega lapang dada," ceritanya yang disambut riuh hadirin kongres.

"Partai pemenang itulah yang akan menjadi Presiden Republik Indonesia eh gue dipotong. Gile deh ini Republik Indonesia kita cintai gile dah. Saya cuma ngomong sama bapak gue (Soekarno) yang di atas biarin pak enggak apa-apa sabar pak kesabaran revolusioner," katanya yang disambut tepuk tangan, di Sanur, Bali, Kamis (8/8).

2 dari 4 halaman

Sindir Partai yang Minta Jatah Menteri

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terang-terangan minta jatah kursi kepada Presiden Jokowi. Sebagai partai pemenang Pemilu 2019, Mega meminta jatah kursi paling banyak di antara partai lain. Mega menganggap permintaan ini wajar, karena partai yang tidak mendapat jatah saja minta jatah kursi menteri.

"Ini dalam kongres partai Pak Presiden saya minta dengan hormat PDIP akan masuk dalam kabinet dengan jumlah menteri yang terbanyak," tegas Mega yang disambut riuh peserta kongres.

"Enak aja empat. Orang yang enggak dapet (jatah) aja minta," sindir Mega yang menambah riuh suasana Ballroom Hotel Inna Garuda Sanur, Bali, Kamis (8/8).

3 dari 4 halaman

Banyak yang Minta Diundang Kongres PDIP

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tak memungkiri banyak yang meminta diundang dalam Kongres ke-5 partai digelar di Sanur, Denpasar. Hal itu tidak terlepas berhasilnya PDIP mengantar pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil terpilih Pemilu 2019.

Menurutnya, saking ingin diundang dalam kongres, ada pihak yang selama ini tak pernah melempar senyum terhadapnya kini malah senyum manis.

"PDIP Menang, semua orang mau merapat. Yang tidak kenal sama saya saja yang tidak pernah senyum manis, selama ini. Kalau dulu mana mau Pak Jokowi. Saya sudah merasakan ditinggal orang," katanya di Hotel Inna Garuda Sanur, Bali, Kamis (8/8).

4 dari 4 halaman

Soal Impor Beras

Di sela pidato politik Kongres ke V PDIP, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, menyinggung soal impor beras. Menurut Mega, saat impor beras ramai diperbincangkan, dia disebut tidak memikirkan rakyat.

"Kalau sudah bilang impor beras, langsung singgung katanya berdikari. Katanya mau berdiri di atas kaki sendiri. Tapi kalau kurang langsung impor, Kalau yang punya beras diekspor ke Indonesia," kata Mega di Ballroom Inna Garuda, Kamis (8/8). [has]

Baca juga:
Megawati Sambangi Pameran 25 Karya Pewarta Foto
Langgar Tata Tertib Kongres, 3 Pengurus DPC PDIP Dicopot dari Jabatannya
Bupati Puncak Mengaku Termotivasi Pidato Mega untuk Menangkan PDIP di 2024
Besok, Megawati Umumkan Struktur DPP PDIP 2019-2024
Megawati Senang Lihat Fotonya Tertawa Saat Prabowo Kekenyangan
Bupati Banyuwangi & Boven Digoel Cerita Arahan Megawati dalam Membangun Daerah

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini