Sekjen PDIP ngaku tak lobi PAN untuk gabung koalisi

Minggu, 5 Agustus 2018 14:42 Reporter : Ahda Bayhaqi
Sekjen PDIP ngaku tak lobi PAN untuk gabung koalisi Hasto di ruang guru. ©2018 Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Partai Amanat Nasional (PAN) belum dengan tegas menyatakan dukungan kepada salah satu calon presiden. Rakernas yang seharusnya menentukan hal tersebut ditunda.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan belum melakukan lobi-lobi dengan elite PAN lantaran tengah sibuk melakukan pertemuan dengan sekjen partai koalisi. Kendati demikian, pihaknya masih membuka pintu koalisi kepada PAN.

"Saya saat ini sudah berfokus kepada menyiapkan seluruh tahapan-tahapan pemenangan bersama para sekjen, sehingga kami tidak melakukan lobi-lobi lebih lanjut," kata Hasto di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Minggu (5/8).

Dia menyebut bahwa Presiden atau orang dekatnya langsung yang melakukan komunikasi dengan pihak PAN. Karena, para sekjen partai pendukung telah berkomitmen menyelesaikan tugas teknis persiapan bentuk tim pemenangan Pilpres 2019.

"Hanya bapak Presiden bersama seluruh tim yang membantu beliau, tentu saja dimungkinkan untuk melakukan dialog itu," kata Hasto.

Hasto menuturkan Presiden Jokowi sendiri yang memberikan keputusan terkait koalisi. Dia mencontohkan seperti saat menggandeng partai yang kini bersama, keputusan dipegang Jokowi

"Pada akhirnya tentu saja kesepakatan itu kita serahkan kepada bapak Jokowi," ucapnya.

Sebelumnya, PAN tidak tegas menyatakan arah dukungan di Pilpres 2019. Meski terlihat akrab bersama kubu Prabowo Subianto, Ketum PAN Zulkifli Hasan tak mau bicara dukungan kepada salah satu calon.

Dia menyebut bakal tentukan sikap setelah Rakernas IV yang dilakukan 6-7 Agustus 2018. Namun, sehari sebelumnya, DPP PAN menginfokan kepada pengurus DPW telah menunda Rakernas. Pengurus DPW diperintahkan mengirimkan keputusan pleno ke kantor DPP dalam amplop tertutup.

Sementara itu, PAN terlihat dekat bersama kubu Prabowo. Mereka kerap melakukan pertemuan dengan Sekjen Gerindra dan PKS. Zulkifli Hasan sendiri telah bertemu Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono yang belakangan mendukung Prabowo.

Sedangkan, dengan kubu pemerintah, Zulkifli melakukan pertemuan dengan Jokowi di Istana Merdeka sebelum pertemuan dengan SBY. [did]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini