Rektor Unhan: Pancasila Harus Masuk ke Lembaga Pendidikan, Tangkal Ideologi dari Luar

Rabu, 29 Juni 2022 23:14 Reporter : Merdeka
Rektor Unhan: Pancasila Harus Masuk ke Lembaga Pendidikan, Tangkal Ideologi dari Luar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Dewasa ini dalam negeri menerima ancaman ideologi selain Pancasila dari luar. Terbukti dengan sejumlah penangkapan terduga teroris yang bertujuan mengganti Pancasila dengan ideologi lain.

Melihat fakta yang ada, Rektor Unhan Laksdya TNI Amarulla Octavian menilai pentingnya Pancasila masuk dalam lembaga pendidikan.

"Tingginya kualitas pendidikan nasional mendorong terbentuknya ketahanan nasional yang kokoh menghadapi serangan dari luar. Baik serangan ideologi, serangan ekonomi, serangan budaya maupun serangan fisik," katanya dalam Seminar Peringatan Hari Lahir Pancasila di Universitas Pertahanan, Rabu (29/6).

Ia menyebut, pertentangan suku/etnis, pertentangan agama, pertentangan ras, dan pertentangan golongan, membelenggu terwujudnya ketahanan sosial-budaya berakibat rendahnya nasionalisme dan patriotisme.

"Pendidikan pada semua strata harus mengajarkan nilai-nilai kebajikan memahami perbedaan suku/etnis, agama, ras, dan golongan bukan untuk dipertentangkan. Berbeda keyakinan tidak berarti bermusuhan," jelas Amarulla.

Karena itu, dia berharap lembaga pendidikan harus aktif memantau proses regulasi dan kebijakan pemerintah yang dapat mendorong kemajuan cara berpikir masyarakat yang terstruktur dan sistematis.

Lembaga pendidikan harus ikut serta mempublikasikan berbagai gagasan ilmiah untuk meningkatkan kemampuan berpikir masyarakat dan semangat bela negara.

"Selalu memberikan solusi dan akses penggunaan fasilitas dan teknologi pendidikan yang dimiliki untuk digunakan oleh masyarakat luas. Memberikan apresiasi dan membantu terciptanya kreativitas dan inovasi yang dilakukan masyarakat kalangan bawah," katanya.

Di tempat yang sama, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam disertasinya mengenai Gepolitik Soekarno ditemukan bahwa Pancasila terbukti sebagai ideologi yang berfungsi secara geopolitik.

Pancasila berhasil membuat bangsa di Asia dan Afrika merdeka berkat campur tangan Indonesia.

"Pancasila adalah jawaban atas tata dunia yang dipenuhi ketidakadilan. Banyak negara merdeka karena Pancasila kita," katanya. [rhm]

Baca juga:
Wakil Ketua MPR Basarah Ungkap Masih Ada Pihak yang Perdebatkan Hari Lahir Pancasila
Sekjen PDIP Bicara Geopolitik Soekarno: Banyak Negara Merdeka Karena Pancasila
Tujuan BPUPKI dan Tugasnya Bagi Indonesia, Simak Penjelasannya
Perangi Kelompok Getol Sebarkan Ideologi Khilafah Ingin Ubah Pancasila
Ada 650 Konten Propaganda Radikal Sepanjang 2021, Kepala BNPT: Mereka Bergerak Senyap
Fakta Baru Gerakan Khilafatul Muslimin

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini