Reaksi Gerindra soal PAN disebut belum pasti ikut usung Sudrajat-Syaikhu

Kamis, 4 Januari 2018 12:28 Reporter : Rizky Andwika
Reaksi Gerindra soal PAN disebut belum pasti ikut usung Sudrajat-Syaikhu Gerindra-PKS-PAN umumkan cagub di 5 daerah. ©2017 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar melakukan pertemuan membahas Pilgub Jawa Barat, Kamis (4/1). Usai melakukan pertemuan sekitar satu jam, Zulkifli menyebutkan partainya belum pasti mengusung Mayjen (purn) Sudrajat dan Ahmad Syaikhu bersama Gerindra dan PKS.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPP bidang kajian kebijakan politik Partai Gerindra Ahmad Riza Patria berharap bahwa PAN tetap mengusung Sudrajat dan Syaikhu di Jawa Barat.

"Ya Insya Allah enggak ya. Tetap sama-sama (usung Sudrajat-Syaikhu)" kata Riza saat dihubungi merdeka.com, Kamis (4/1).

Riza meyakini PAN setia pada komitmen yaitu berkoalisi di lima daerah. Di antaranya Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur dan Maluku Utara. Pada kesepakatan, khususnya di Jawa Barat, Riza menyebutkan tiga partai sepakat dalam mengusung pasangan Sudrajat dan Syaikhu.

Sebelumnya diketahui, Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan mengungkapkan belum sepakat berkoalisi dengan Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam mengusung Sudrajat-Ahmad Syaikhu di Pilgub Jawa Barat.

Zulkifli menyebut sikap politik PAN terkait Pilgub Jabar akan ditentukan dalam dua hari ke depan.

"Kemungkinan formasi baru pada Pilgub Jabar mungkin saja bisa terbentuk, selain karena belum terbangunnya kesepakatan dengan Gerindra dan PKS, juga melihat situasi kondisi politik di pusat yang masih belum pasti," kata Zulkifli.

Selain itu, dia mengaku sedang meninjau perkembangan politik kandidat calon gubernur. Yakni, Ridwan Kamil yang menjalin komunikasi dengan pengurus DPP PDIP. Momen itu Zulkifli sebut akan dimanfaatkan untuk membuka komunikasi kemungkinan bekerja sama dengan partai pendukung Ridwan Kamil, yakni PPP dan PKB.

"Ridwan Kamil kemarin ke Jakarta, ke PDIP. Bagaimana PKB dan PPP, jadi kita lihat saja nanti, nunggu dua hari ini (keputusannya)," katanya. [rzk]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini