Pro Kontra Kartu Prakerja di Kubu Jokowi Potret 'Cacat Bawaan' Sistem Politik

Senin, 4 Mei 2020 13:18 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Pro Kontra Kartu Prakerja di Kubu Jokowi Potret 'Cacat Bawaan' Sistem Politik Resmi Dibuka, Ini Cara Mendaftar Kartu Prakerja Online dengan Mudah. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Partai-partai politik berbeda pandangan terhadap pelaksanaan program kartu Prakerja. Termasuk partai politik koalisi pendukung pemerintahan Jokowi Widodo-Ma’ruf Amin pun turut melontarkan kritik. Dari partai-partai pendukung pemerintah hanya Golkar yang terlihat mendukung program tersebut.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno mengatakan, perbedaan pendapat dan pandangan dalam partai koalisi bisa dibilang ‘cacat bawaan’ dalam sistem presidensial.

“Beda pendapat antar partai koalisi adalah cacat bawaan koalisi sistem presidensialisme,” ungkapnya ketika dihubungi merdeka.com, Senin (4/5).

Fenomena ini bukan hanya terjadi kali ini dalam pemerintahan Jokowi saja. Jika menoleh ke belakang, maka dapat pula ditemukan hal serupa dari pemerintahan-pemerintahan sebelum Jokowi.

Sikap Golkar yang 'pasang badan' untuk mendukung program kartu Prakerja pun merupakan keputusan yang dalam pandangan dia wajar. Mengingat ada sosok Ketua Umum Partai Airlangga Hartarto sebagai Menteri Koordinator Perekonomian.

"Wajar jika program itu dibela Golkar. Apalagi kartu prakerja program unggulan pemerintah. Apalagi selama ini Golkar terdepan kawal program prioritas pemerintah," ungkapnya.

Keputusan Golkar untuk mendukung program yang menuai polemik itu pun, lanjut dia, tidak bakal berpengaruh signifikan pada popularitas partai. “Kartu prakerja tak ada kaitannya dengan popularitas partai. Rakyat kita itu pelupa. Ingatan soal kerja partai muncul hanya 5 tahun sekali jelang pemilu. Ini gimmick politik biasa yang pasti ketutup isu lainnya," urai Adi.

Baca Selanjutnya: Sikap Golkar...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini