Politikus PDIP Ingatkan Jokowi Kedisiplinan soal Endorse Capres

Senin, 28 November 2022 13:03 Reporter : Ahda Bayhaqi
Politikus PDIP Ingatkan Jokowi Kedisiplinan soal Endorse Capres Jokowi hadiri Nusantara Bersatu. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo kembali melempar kode dukungan kepada calon presiden. Kali ini dia diduga memberikan kode kepada Ganjar Pranowo dengan menyebut pemimpin memikirkan rakyat memiliki rambut putih.

Menanggapi langkah Jokowi itu, politikus PDI Perjuangan Sturman Panjaitan mengingatkan soal disiplin. PDIP sudah punya instruksi bahwa calon presiden dan calon wakil presiden ditentukan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Disiplin adalah suatu kepatuhan terhadap peraturan yang sudah diberlakukan di semua organisasi," katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/11).

PDIP punya instruksi kadernya dilarang membahas calon presiden dan calon wakil presiden. Kewenangan itu hanya dimiliki Megawati.

2 dari 2 halaman

Sturman sepakat hal tersebut ditanyakan kepada Jokowi kenapa masih melakukan endorse calon presiden.

"Nah tanyakan kepada Pak Jokowi mengapa beliau menyampaikan itu," ujarnya.

Anggota DPR RI ini mengaku tidak tahu apakah Jokowi ada komunikasi terkait kehadirannya di agenda relawan.

"Enggak tahu saya pak Jokowi di langit, saya di bawah. Bagaimana saya tahu urusan beliau," tutupnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan ciri-ciri pemimpin yang memikirkan rakyat. Menurutnya, ciri pemimpin tersebut terlihat dari dari penampilan dan wajahnya.

"Perlu saya sampaikan pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya. Itu kelihatan dari penampilannya itu kelihatan," kata Jokowi di acara Nusantara Bersatu di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (26/11).

Jokowi berkata, pemimpin yang memikirkan rakyat banyak kerutan di wajahnya. Selain itu, rambut pemimpin tersebut berwarna putih.

"Banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat, ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua ada," kata Jokowi.

Jokowi bilang hati hati dengan calon pemimpin yang mukanya mulus. Dia kembali berkata, pilih pemimpin yang rambutnya putih.

"Saya ulang jadi pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilannya, dari kerutan di wajahnya, kalau wajahnya clink bersih, tidak ada kerutan di wajahnya hati hati, lihat juga lihat rambut rambutnya, kalau rambutnya putih semua ini mikir rakyat ini," kata Jokowi.

[fik]

Baca juga:
Kritik Jokowi Endorse Capres, Demokrat: Tidak Etis dan Berpotensi Ciderai Demokrasi
Alasan Menpora Izinkan GBK Dipakai Relawan Jokowi: Belum Mulai Direnovasi
Presiden Jokowi Berikan Bonus Rp309 Miliar untuk Atlet ASEAN Paragames XI
PDIP Sentil Relawan: Jangan Reduksi Keberhasilan Jokowi dengan Manuver Tak Berguna
Pelaku Minta Maaf, Kasus Penghinaan Presiden Jokowi di Bali Dihentikan
Pesta Nikah Kaesang-Erina: Ngunduh Mantu, Naik Kereta Kencana sampai Pesta Rakyat
Aturan Hukum dan Etika Presiden Endorse Capres jelang Pemilu

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini