PKS Tetap Putuskan Capres Lewat Majelis Syuro

Senin, 3 Oktober 2022 15:24 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
PKS Tetap Putuskan Capres Lewat Majelis Syuro Pimpinan PKS kunjungi markas NasDem. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Partai NasDem resmi mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden yang akan diusung pada Pilpres 2024. Presiden PKS Ahmad Syaikhu menghormati keputusan NasDem.

Soal capres, dia mengatakan, dari PKS tetap diputuskan lewat Majelis Syuro.

"Setiap partai politik memiliki mekanisme internal dalam memutuskan sikapnya terkait koalisi dan pencapresan. Keputusan koalisi dan pencapresan di internal PKS akan ditentukan dalam mekanisme Musyawarah Majelis Syuro," kata Syaikhu dalam keterangannya, Senin (3/10).

Dia mengharapkan, keputusan Partai NasDem mendatangkan kebaikan untuk kemajuan bangsa Indonesia.

"PKS memandang bahwa figur Bapak Anies Rasyid Baswedan adalah salah satu tokoh nasional yang memiliki rekam jejak kepemimpinan yang baik, berjiwa nasionalis religius, memiliki kapasitas untuk memimpin bangsa dan mampu menjadi simbol perubahan untuk Indonesia di masa mendatang," tuturnya.

2 dari 3 halaman

Lebih lanjut, Syaikhu bersyukur komunikasi politik antara PKS, Nasdem dan Demokrat berlangsung sangat baik, terbuka, dan setara, serta mengedepankan rasa saling percaya untuk bersama-sama memilih calon pemimpin bangsa yang terbaik bagi rakyat Indonesia.

"Partai Keadilan Sejahtera mengucapkan selamat kepada Partai Nasdem yang telah memutuskan untuk mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden Republik Indonesia," ucapnya.

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh telah mengumumkan Anies Baswedan sebagai calon presiden yang akan diusung di Pilpres 2024. Anies hadir secara langsung ketika calon presiden NasDem diumumkan oleh Surya Paloh. Anies duduk di kursi paling depan bersama Surya Paloh.

"Yang dicari Nasdem adalah yang terbaik dari terbaik. Inilah kenapa akhirnya NasDem memilih sosok Anies Baswedan," kata Surya di NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10).

3 dari 3 halaman

Surya Paloh mengatakan, sosok Anies sejalan dengan visi misi NasDem dalam membangun bangsa Indonesia. "Kami punya keyakinan pikiran dalam perspektif makro maupun mikro sejalan dengan apa yang kami yakinkan," ujar dia.

Menurut Paloh, Indonesia membutuhkan Presiden yang bisa membentuk bangsa yang bermartabat dan berkarakter. Paloh meyakini Anies adalah orang yang tepat mewujudkan cita-cita tersebut.

"Bangsa ini ke depan Insyaallah jika Anies Baswedan terpilih sebagai presiden menjadi bangsa bermartabat bangsa yang membentuk karakter dari bangsa ini,"

Sebelumnya NasDem memiliki tiga pilihan calon presiden berdasarkan hasil rekomendasi Rakernas. Tiga nama itu adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Deklarasi capres NasDem ini dipercepat dari yang direncanakan pada 10 November mendatang. [fik]

Baca juga:
PKS Dukung Pencapresan Anies: Semoga Mendatangkan Kebaikan untuk Indonesia
PKS: Bravo NasDem, Keputusan Berani Usung Anies Capres
Usung Anies Capres, Surya Paloh: InsyaAllah Demokrat-PKS Menyatu Bersama NasDem
PKS: Pemerintah Harus Ambil Tanggung Jawab Penuh Investigasi Tragedi Kanjuruhan
Tak Ingin Berpaling, Demokrat Fokus Bangun Koalisi dengan NasDem-PKS
PKS Ajak Ormas Islam Kolaborasi Bahas Prolegnas 2023
NasDem Rencana Deklarasi Capres 10 November, Demokrat Tak Ingin Buru-Buru

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini