PKS DIY Usulkan Usung Anies Baswedan Jadi Capres di Pilpres 2024

Kamis, 6 Oktober 2022 06:13 Reporter : Purnomo Edi
PKS DIY Usulkan Usung Anies Baswedan Jadi Capres di Pilpres 2024 anies baswedan di jcc. ©2022 Merdeka.com/alma fikhasari

Merdeka.com - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengusulkan nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk diusung maju sebagai calon Presiden RI di Pilpres 2024 mendatang. Usulan nama Anies ini akan disampaikan ke DPP PKS sebagai bentuk aspirasi dari DPW PKS DIY.

Ketua DPW PKS DIY Agus Mas'udi mengatakan pihaknya resmi mendukung pencalonan Anies Baswedan sebagai Presiden RI di Pilpres 2024 mendatang.

Mas'udi menerangkan sosok Anies ini sesuai dengan kriteria calon presiden yang ditetapkan Majelis Dewan Syura PKS. Tiga syarat ini adalah berpeluang memenangi kontestasi Pilpres 2024, kedua adalah representasi umat dan ketiga yaitu simbol perubahan.

"Tiga kriteria itu, kami simpulkan ada pada sosok Anies Baswedan," ucap Mas'udi, Rabu (5/9).

Mas'udi merinci kriteria pertama yaitu berpeluang memenangkan Pilpres ada di Anies Baswedan karena dari hasil survei, elektabilitasnya selalu berada di tiga besar. Kemudian kriteria kedua, sambung Mas'udi juga terpenuhi karena Anies Baswedan adalah sosok religius dan nasionalis.

"Kriteria ketiga adalah sebagai simbol perubahan, sudah terbukti dalam memimpin Jakarta," ungkap Mas'udi.

2 dari 2 halaman

Mas'udi menjabarkan usai deklarasi dukungan ini, DPW PKS DIY akan mengirimkan surat ke DPP PKS sebagai bentuk pernyataan aspirasi mengusung Anies Baswedan.

"Kewenangan pencapresan ada di DPP. Kami statusnya hanya menyampaikan aspirasi," tutur Mas'udi.

Mas'udi menambahkan bahwa DPW PKS DIY siap bergerak untuk memenangkan Anies Baswedan di Pilpres 2024 mendatang. Sementara dalam Pemilu Legislatif 2024, lanjut Mas'udi, DPW PKS DIY akan bekerja keras untuk memenangkan PKS.

"Sejauh ini kami yang di bawah siap untuk bergerak (memenangkan Anies Baswedan di Pilpres 2024). Kami juga siap dan taat pada keputusan DPP PKS," tutup Mas'udi. [cob]

Baca juga:
PKS Nilai Janji Anies Pada 2019 Tak Berlaku di Pilpres 2024
PKS Ungkap Nama Cawapres Potensial untuk Dampingi Anies Baswedan
Ketua DPW Sumbar Bicara Kemungkinan PKS Usung Anies: Kita Tunggu Ya
Anies Terseret Kasus Formula E jadi Alasan PKS Tak Deklarasi Capres Bareng NasDem
PKS Sebut Anies Cocok Didampingi Khofifah atau Ganjar di Pilpres 2024
Kriteria Capres dari PKS: Religius Nasionalis dan Punya Peluang Menang

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini