PKB Soal PAN Sodorkan Soetrisno Bachir jadi Menteri: Jangan Sampai Tekan Presiden

Selasa, 14 September 2021 11:00 Reporter : Ahda Bayhaqi
PKB Soal PAN Sodorkan Soetrisno Bachir jadi Menteri: Jangan Sampai Tekan Presiden Soetrisno Bachir diperiksa KPK. ©2014 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengakui mengusulkan Ketua Dewan Kehormatan PAN Soetrisno Bachir sebagai menteri. Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menilai, PAN sebaiknya menghormati apapun keputusan Presiden Joko Widodo nanti. Ia mengingatkan tidak perlu menekan ataupun memaksa presiden.

Apalagi PAN sebaga partai yang datang belakangan seharusnya menerima bila tidak ada atau adanya jatah menteri.

"Apapun putusan presiden harus dihormati dan diterima. Jangan sampai nekan apalagi maksa maksa presiden," ujar Jazilul kepada wartawan, Selasa (14/9).

"Terima saja kalau ada, wong datangnya juga belakangan," imbuhnya.

PKB mengaku tidak masalah PAN mengusulkan nama Soetrisno Bachir sebagai menteri. Menurut Jazilul sosok tersebut layak sebagai pembantu Jokowi.

"Silakan saja diusulkan, Pak Soetrisno Bachir juga layak kok. Namun itu hak prerogatif Presiden, kita hormati hak Presiden untuk memutuskan," ujarnya.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengakui mengusulkan nama Ketua Dewan Kehormatan PAN Soetrisno Bachir kepada Presiden Joko Widodo sebagai menteri. Menurut Zulkifli, Soetrisno sosok yang tepat jika Jokowi meminta kader PAN sebagai menteri karena pernah menjadi tim sukses saat Pilpres.

"Sekali lagi ini memang di luar kebiasaan, kita tidak menyodorkan. Memang pernah satu pertemuan saya menyampaikan karena ada Dewan Kehormatan PAN namanya mas Tris (Soetrisno Bachir) itu tim sukses Pak Jokowi, dulu ketua KEIN," ujar Zulkifli dikutip dalam kanal YouTube Karni Ilyas Club, Senin (13/8).

Soetrisno dalam Pilpres 2014 dan 2019 mendukung Jokowi sebagai calon presiden. Meski ketika itu berbeda sikap politik dengan Partai Amanat Nasional (PAN) yang menaunginya. Ia juga menggerakkan relawan pemenangan Jokowi ketika itu.

Lebih lanjut, Zulkifli mengatakan, bila memungkinkan ingin Jokowi menunjuk Soetrisno sebagai menteri. Atau peran apapun yang dikehendaki presiden.

"Kalau memungkinkan saya menitip apa saja. Mas Tris sebagai tim sukses Pak Jokowi pada waktu itu bisa kembali diperankan apapun terserah," ujar Wakil Ketua MPR RI ini. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini