Perludem yakin judicial review UU Pemilu masuk skala prioritas MK

Sabtu, 22 Juli 2017 16:32 Reporter : Yunita Amalia
Ilustrasi Pemilu. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Peneliti dari Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Fadli Ramadhanil optimis gugatan rancangan undang-undang (RUU) pemilu menjadi prioritas di Mahkamah Konstitusi.

Menurutnya undang-undang pemilu sebagai constitutional important sudah seharusnya menjadi pertimbangan Mahkamah Konstitusi menempatkan gugatan uji materi undang-undang tersebut sebagai skala prioritas.

"Kami yakin bisa karena dulu MK pernah memutus perkara dalam satu hari saja. Undang-undang pemilu ini kan punya constitutional important, sedangkan permasalahan hukum yang sedang dipermasalahkan saat ini sangat beralasan kalau ini menjadi prioritas bagi Mahkamah Konstitusi," kata Fadli, Sabtu (22/7).

Dia menambahkan, persiapan jelang pilkada 2018 sudah di depan mata. Oleh karena itu dia berharap gugatan bisa didaftar ke Mahkamah Konstitusi pada bulan Oktober tahun ini.

"Tahapan Pemilu sudah harus dimulai Oktober paling lambat harus sudah di mulai pendaftaran dan ini seharusnya menjadi prioritas bagi MK," tukasnya. [noe]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.