PAN soal Pertemuan dengan PDIP: Kita Baik dengan Semua Parpol

Selasa, 28 Juni 2022 20:24 Reporter : Alma Fikhasari
PAN soal Pertemuan dengan PDIP: Kita Baik dengan Semua Parpol yandri susanto. ©2017 Merdeka.com/fraksipan.com

Merdeka.com - Partai Amanat Nasional (PAN) menyambut baik rencana kunjungan PDI Perjuangan dalam rangka penjajakan kerja sama menjelang Pemilu 2024. PAN menegaskan sangat terbuka dengan siapapun.

"Selamat datang, kita baik dengan semua parpol PAN itu baik dan komunikasi sangat baik, apalagi dengan Mba Puan, baik," kata Ketua DPP PAN Yandri Susanto di gedung Nusantara III DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (28/6).

Yandri memastikan PAN tak masalah jika yang datang nanti bukan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan hanya mengutus Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani. Sebab menurut Yandri, Puan merupakan tokoh PDI Perjuangan yang saat ini tengah cemerlang.

"Enggak Apa-apa (hanya Puan). Kita dengarkan Bu Megawati memang sudah mengutus Mba Puan saya kira bagus. Mba puan tokoh PDIP yang sekarang lagi cemerlang kan. Ketua DPR, jadi menurut saya sudah mantaplah kalau Mba Puan yang keliling," ucap dia.

Namun Yandri mengaku hingga kini belum ada komunikasi terkait pertemuan PAN dengan PDI Perjuangan. Karena dalam waktu dengan Ketum PAN Zulkifli Hasan akan berkunjung keluar kota.

"Sampai sekarang belum, karena dalam waktu dekatkan ketum PAN mau keluar kota. Besok dia ke Sulteng terus ada acara sama presiden di luar negeri. Balik lagi, ya tapi artinya sampai 3-4 hari ini tidak ada agenda," imbuh Yandri.

2 dari 2 halaman

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sudah memberikan mandat kepada Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani untuk mengunjungi partai politik lain guna menjajaki kerja sama menjelang pemilu 2024.

Politikus PDI Perjuangan, Junimart Girsang mengatakan pertemuan tersebut bukan tugas melainkan kewajiban bagi PDI Perjuangan untuk membangun komunikasi dengan setiap partai politik lain.

"Mungkin tidak dengan semua paprol, tapi ada parpol-parpol yang sudah diklasifikasi. Seperti yang Pak Sekjen katakan bahwa ada parpol yang tidak akan bisa diajak komunikasi," kata Junimart, saat diwawancarai di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (28/6).

Namun, untuk jadwal pertemuan dengan parpol lain, ia mengatakan hal itu bertahap. Sebab, pertemuan tersebut dalam rangka membangun komunikasi. Dengan tujuan agar sesama parpol membangun negara ini lebih baik.

"Tentu ini bertahap ya. Kalau kita sebutkan tanggal kita gak tahu tanggalnya. Bisa saja besok, lusa atau nanti malam. Kita gak tahu. Karena jadwal itu kan jadwal yang dibuat bukan jauh-jauh hari sebelumnya," ucapnya.

Dia juga tak menampik jika PDI Perjuangan akan bertemu dengan Partai NasDem, PAN dan Partai Gerindra terlebih dahulu. Namun, ia tak menutup kemungkinan akan mengunjungi partai lainnya yang masuk kualifikasi.

"Sepanjang yang saya tahu, iya. Tapi kita gak bisa berandai-andai. Karena membangun komunikasi dengan setiap partai itu perlu. Setiap parpol. Tapi tidak semua," imbuh Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu. [gil]

Baca juga:
Anies, Ganjar, Erick Thohir hingga Khofifah Masuk Bursa Capres PAN
PAN Tunjuk Yandri Susanto jadi Wakil Ketua MPR Pengganti Zulkifli Hasan
PAN Yogyakarta Usulkan Haedar Nashir dan Sultan HB X jadi Capres 2024
KIB Buka Peluang Pilih Anies, Ganjar dan Andika jika NasDem Ikut Koalisi
Nasib Koalisi Semut Merah Diputuskan Usai Ada Pembicaraan PKB dengan Gerindra
KIB Enggan Usung Ganjar jadi Capres: Tidak Etis, Kader Parpol Lain
Wakil Ketua MPR Kosong, PAN: Sebelum Reses Sudah Ada Pengganti Zulkifli Hasan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini