Menebak Maksud Pujian Prabowo ke Jokowi

Sabtu, 6 Agustus 2022 13:00 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Menebak Maksud Pujian Prabowo ke Jokowi jokowi prabowo. ©2018 liputan6.com

Merdeka.com - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memuji sosok Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Jokowi dinilainya sebagai salah satu pemimpin Indonesia yang sangat bekerja keras.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menerka pujian Prabowo. Dia menilai, saat ini banyak figur yang berebut pengaruh Jokowi untuk Pilpres 2024.

"Saat ini, banyak figur yang dikaitkan dengan pilpres 2024 berebut pengaruh Jokowi," katanya lewat pesan tertulis pada Sabtu (6/8).

2 dari 4 halaman

Alasannya, dukungan Jokowi dibutuhkan karena ia adalah king maker. Kedua, berharap basis pemilih Jokowi bisa hijrah mendukung Prabowo.

"Dalam temuan survei Parameter Politik makin tampak basis pemilih Jokowi sebagian mulai dukung Prabowo," ucapnya.

Adi menilai, Prabowo sepertinya ingin teridentifikasi sebagai ‘orangnya Jokowi’. Prabowo juga ingin menunjukkan ke publik sebagai menteri yang paling loyal dan punya kekaguman tinggi terhadap Jokowi.

"Ini semacam jaminan bahwa pasca 2024, andai prabowo maju dan menang pilpres, semua legacy Jokowi akan dilanjutkan secara total," pungkas Adi.

3 dari 4 halaman

Diberitakan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memuji sosok Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Menurutnya, Jokowi merupakan salah satu pemimpin Indonesia yang sangat bekerja keras.

"Saya jadi saksi, saya lihat beliau salah satu pimpinan Indonesia yang paling keras kerjanya," kata Prabowo dalam acara Silaturahmi Nasional Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD) di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/8).

Ketua Umum Partai Gerindra ini mengaku heran dengan semangat Jokowi. Dia menyebut, Jokowi sangat energik, padahal secara fisik terlihat kurus.

"Saya enggak tahu energinya di mana. Kurus begitu, tapi mungkin karena kurus beliau energik. Tidak berhenti. Kalau saya datang ke Istana rapat, beliau sudah tiga pertemuan sebelum saya datang," ucapnya.

4 dari 4 halaman

Puji Kabinet Jokowi

Prabowo juga memuji susunan Kabinet Indonesia Maju. Menurutnya, Jokowi mampu mengumpulkan sosok menteri yang hebat.

Kekaguman Prabowo terhadap susunan Kabinet Indonesia Maju disampaikan kepada Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Hal itu disampaikan ketika Prabowo baru saja dilantik sebagai Menteri Pertahanan.

"Jadi waktu saya masuk kabinet, Pak Luhut saksi saya, dan beberapa menteri, waktu saya masuk kabinet saya lihat, saya lihat ruangan itu, hari-hari pertama saya masuk kabinet saya cerita, 'Bang, seandainya saya kemarin jadi presiden mukanya hampir sama kabinet saya ini'," kata Prabowo.

Dia mengakui sosok yang mengisi Kabinet Indonesia Maju merupakan putra putri terbaik bangsa. Meskipun, mereka datang dari latar belakang berbeda, baik agama, suku, dan ras.

"Jangan kita lihat latar belakang, jangan kita lihat suku agama, RAS, apa, jangan kita lihat anaknya siapa, jangan kita lihat dulu pernah apa. Dulu, dulu, kita dulu banyak perbedaan, dulu kita banyak perbedaan, tapi satu untuk merah putih kita harus jadi satu," ucapnya.

Hampir tiga tahun menjadi menteri kabinet sejak dilantik pada 23 Oktober 2019, Prabowo menilai pemerintahan Indonesia sudah berada di jalur yang benar. Pemerintah hanya perlu berjalan menuju tujuannya.

"Kita, we are on the right track, kita menuju apa yang harus kita sampai. Dan saudara-saudara, benar kita negara kaya, tapi bagaimana kita manage, bagaimana kita kelola kekayaan itu. Alhamdulillah kita lihat inilah bukti bahwa keputusan saya untuk bergabung sama Presiden Joko Widodo, ternyata keputusan saya tidak salah," ujarnya. [fik]

Baca juga:
Analisis Puja Puji Prabowo ke Jokowi, Berharap Dukungan di Pilpres 2024
Bocoran Curhat Prabowo pada Luhut soal Jokowi
Cerita Sandiaga saat Ditunjuk Presiden Jokowi jadi Menparekraf
Prabowo Mengaku Banyak Diejek saat Gabung Kabinet Jokowi
Prabowo Puji Jokowi: Beliau Salah Satu Pemimpin Indonesia yang Paling Keras Kerjanya
Prabowo Subianto: Saya jadi Menteri Pertahanan karena Pak Luhut
Prabowo Curhat ke Luhut: Seandainya Jadi Presiden Ingin Punya Kabinet seperti Jokowi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini