Max Sopacua: SBY tokoh pemersatu, masih dibutuhkan Demokrat

Senin, 12 Januari 2015 16:41 Reporter : Muhammad Sholeh
Max Sopacua: SBY tokoh pemersatu, masih dibutuhkan Demokrat SBY hadiri rapat pleno Partai Demokrat. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Max Sopacua membantah bilamana partainya tidak melakukan regenerasi dan kaderisasi di internal. Terlebih jelang kongres, nama Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) disebut-sebut akan kembali didaulat sebagai ketua umum Partai Demokrat untuk periode selanjutnya.

Menurut Max, SBY masih dibutuhkan untuk menjadi ketua umum Partai Demokrat dalam menghadapi Pemilu 2019. SBY dianggap dapat mempersatukan kader-kader Partai Demokrat bila dibandingkan oleh figur lainnya.

"Masalah Partai Demokrat dan aklamasi, jadi acuan dasar kita adalah mencari tokoh pemersatu," kata Max dalam diskusi di Gedung DPR, Jakarta, Senin (12/1).

Lebih lanjut, Max menambahkan, ketokohan atau figur dalam sebuah partai politik dewasa ini masih tetap dibutuhkan. Figur SBY, kata dia, masih diperlukan bagi Partai Demokrat untuk Pemilu 2019.

Bila ketua umum Partai Demokrat dipegang oleh salah satu aktivis, jelas Max, maka yang bersangkutan tentu akan lebih mengutamakan kesamaan organisisasinya. Misalnya HMI, KNPI atau organisasi lainnya.

"Kalau di parpol harus ada tokoh pemersatu karena ada pemilu. Kalau organisasi cuma mengandalkan dari organisasinya," tegas Max.

"Memang keberadaan parpol di parlemen memiliki paradigma ketokohan, ada Bu Mega, Pak Prabowo, Pak SBY dan beberapa yang lainnya. Bukan kami tak ada kaderisasi dan regenerasi," tandasnya. [rnd]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini