Marak Baliho Wajah Anggota DPRD DIY Dinilai Tidak Sensitif Kondisi Rakyat

Minggu, 28 November 2021 18:03 Reporter : Purnomo Edi
Marak Baliho Wajah Anggota DPRD DIY Dinilai Tidak Sensitif Kondisi Rakyat Baliho Wajah Anggota DPRD DIY. ©2021 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Baliho bergambar wajah pimpinan dan anggota DPRD DIY terpampang di sejumlah baliho di beberapa titik di DIY. Baliho-baliho ini berada di Babarsari, Rejowinangun, Jalan Mataram hingga Jalan Wates.

Munculnya baliho bergambar pimpinan dan anggota DPRD DIY ini mendapatkan kritikan dari aktivis Jogja Corruption Watch (JCW), Baharuddin Kamba. Kamba menuturkan bahwa di tengah pandemi dan susahnya perekonomian masyarakat, pemasangan baliho dinilai tak tepat.

"JCW menilai pemasangan baliho untuk mengenalkan anggota dewan Propinsi tidak efektif dan pemborosan anggaran. Ada cara yang lebih efektif untuk mengenalkan diri yaitu dengan forum reses. Di forum itu anggota dewan turun langsung mengenal konstituennya," kata Kamba dalam keterangan tertulisnya, Minggu (28/11).

Kamba menegaskan selain tak efektif dan menghamburkan anggaran, permasalahan lain dari pemasangan baliho ini adalah rentan menjadi sampah visual. Wajah-wajah pimpinan dan anggota DPRD ini justru bisa merusak estetika pemandangan di DIY.

"Menggunakan baliho justru malah menambah sampah visual dan mengganggu estetika. Sudah cukup banyak jalanan di DIY diisi oleh baliho dari tokoh-tokoh nasional," ungkap Kamba.

Kamba menyarankan di tengah pandemi, dibandingkan menggunakan anggaran untuk memasang baliho dan mengenalkan sosok pimpinan dan anggota DPRD DIY, lebih baik jika anggaran digunakan untuk penanganan Covid-19.

"Alangkah baiknya anggaran untuk baliho itu digunakan untuk membantu masyarakat miskin yang terdampak pandemi Covid-19," tegas Kamba.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana mengatakan dirinya sebagai salah satu pimpinan dewan tak tahu menahu tentang pemasangan baliho tersebut.

"Kami akan meminta kepada bagian Sekwan (Sekretariat Dewan) untuk klarifikasi tentang program pemasangan baliho ini. Saya justru tidak tahu (ada program baliho)," kata politisi dari PKS ini. [bal]

Baca juga:
Intip Penampilan Anggiat Pasaribu saat Minta Maaf, Bajunya Christian Dior
Menjawab Teka Teki Anggiat Pasaribu dan Suami Berada di Bali Bareng Brigjen TNI
Cegah Korupsi, KPK Perkuat Pendampingan dan Pengawasan di Papua
PDIP Tegas Menolak Alokasi Anggaran untuk TGUPP
Kini Terungkap Sosok Brigjen Bersama Wanita 'Anak Jenderal'
Potret Kedekatan Arteria Dahlan dengan Ibunda Tercinta, Penuh Kasih Sayang

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. DPRD
  3. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini