'Majelis Etik Golkar Justru Tidak Etik'

Selasa, 6 Agustus 2019 17:01 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
'Majelis Etik Golkar Justru Tidak Etik' Rapimnas Golkar. ©2014 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Majelis Etik Partai Golkar akan memanggil politikus senior Darul Siska pada Rabu (7/8) besok. Pemanggilan untuk meminta klarifikasi soal surat terbuka yang disampaikan Darul kepada dua senior partai beringin Akbar Tanjung dan Agung Laksono yang tampak partisan jelang Munas.

Ketua DPP Partai Golkar Andi Harianti Sinulingga geram dengan sikap Majelis Etik yang memanggil Darul. Menurutnya, majelis etik dianggap majelis politik yang tidak etik.

"Majelis etik jangan sampai jadi majelis politik. Masak orang bikin surat terbuka dipandang pelanggaran etik, justru itu tidak etik," kata Andi kepada merdeka.com, Selasa (6/8).

Menurutnya, majelis etik mesti menjunjung tinggi sikap etik, bukan asal main di wilayah samar yang dengan mudah orang menyimpulkan bahwa majelis etik sudah tidak lagi etik.

"Jika majelis etik digunakan untuk alat kekuasaan, maka itu pelanggaran etik yang paling besar, dimana kepentingan politik dibungkus atas nama etik, nilai moral tertinggi," ujarnya.

Dia menambahkan, majelis etik tidak ada dalam AD/ART partai beringin hasil Munaslub 2017.

"Memang di AD/ART tidak ada, basis legitimasi legalnya lemah. Kita sudah ada mahkamah partai, soal-soal pelanggaran etik bisa diadili di sana," tandasnya.

Sebelumnya, lewat surat terbuka, Darul mengkritik keras Akbar Tanjung dan Agung Laskono yang dianggap terlalu partisan ke kubu Airlangga Hartarto jelang Munas Golkar. Terlebih, jadwal munas dalam rapat pleno DPP Golkar hingga kini belum ditentukan.

Tak lama setelah surat terbuka tersebut beredar, muncul surat Majelis Etik Golkar yang isinya memanggil Darul. Majelis etik dijadwalkan memanggil Darul pada Rabu (7/8).

"Saya akan datang, kan cuma diundang, di dalam surat juga ditulisnya diundang rapat, bukan dipanggil," kata Darul. [rnd]

Topik berita Terkait:
  1. Partai Golkar
  2. Munas Golkar
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini